Home » Internet » Pengertian dan Perbedaan HTTP dan HTTPS

Pengertian dan Perbedaan HTTP dan HTTPS

Posted by Umar Ajurna Under Category Internet | No Comments

Sebuah alamat url biasanya diawali dengan http://. Tapi apakah anda pernah menjumpai alamat url yang diawali dengan htts:// .mana yang lebih banyak digunakan. dan mana yang lebih aman digunakan??

Pengertian

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.

Contohnya bila kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser maka web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada kita.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Securre) merupakan bentuk protokol yang aman karena segala perintah dan data yang lewat protokol ini akan diencryp dengan berbagai format sehingga sulit untuk dibajak isinya maupun dilihat perintah-perintah yang dieksekusi.

Perbedaan

Jadi yang menjadikan perbedaan antara http dan https apa ya? Kalau dilihat dari kepanjangannya, HTTP berarti hyper text transfer protocol. Sedangkan HTTPS berarti hypertext transfer protocol secure. Nah dari sini sudah jelas perbedaannya? Sebuah halaman web atau homepage yang diawali dengan https:// merupakan sebuah web yang membutuhkan tingkat keamanan yang lebih tinggi terhadap data-data / informasi yang terdapat dalam web tersebut. Sehingga memberikan perlindungan yang lebih kepada website atau pengunjung yang melakukan input informasi penting ke dalamnya.

Contoh website yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi adalah PayPal (https://www.paypal.com). Menurut Paypalindonesia, “PayPal merupakan salah satu alat pembayaran (Payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman.” Ternyata url yang berbeda memiliki tujuan dan maksud tertentu. Contoh lainnya adalah https://www.google.com/adsense dan juga masih banyak lagi seperti kalau kita membuka email dari google.com maupun dari yahoo.com

Tags: , ,

Leave a Reply