Home » Komputer » 5 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat di Depan Komputer

5 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat di Depan Komputer

Posted by Umar Ajurna Under Category Komputer | 3 Comments

Bekerja di depan komputer memang tidak capek fisik, yaitu tidak berkeringat dan tidak kena panas ataupun hujan. Tapi disamping itu semua, mata dan pikiran lah yang bekerja keras. Terutama mata, mata fokus memandang layar komputer berjam-jam. Bahkan pekerja kantoran rata-rata memandangi layar komputer 7-8 jam sehari. Apalagi kalau ada lembur atau di rumah hobinya NgeBlog, pasti bakalan disambung lagi memandangi komputer sampai jam 12 malam.

Lalu bagaimana dengan kekuatan mata kita, apakah kita pernah berfikir bahwa mata kita kuat dengan terpaksa atau bertahan dengan enjoy untuk memandangi layar monitor hingga 20 jam sehari. Inilah sedikit Tips menjaga mata kita tetap sehat di depan komputer. Selamat menyimak :

Jakarta – Duduk terlalu lama di depan komputer dapat mengakibatkan masalah postur tubuh, bahkan berdampak pada kesehatan tubuh keseluruhan. Untuk menghindari terjadi masalah kesehatan, seorang pakar kesehatan, dr Helen Lee, DC, memberikan berbagai tips untuk memperbaiki postur tubuh Anda.

Dr Lee menjelaskan postur duduk yang buruk dapat menyebabkan kesehatan yang buruk juga. “Duduk dalam waktu yang lama, tahun demi tahun dapat membuat sirkulasi tubuh menurun, memperlambat metabolisme, ketidakseimbangan gula darah dan berpengaruh pada keseimbangan postur otot,” tutur dr Lee.

Seperti dikutip dari she knows, dr Lee memberikan pendekatan holistik untuk postur tubuh yang sehat.

1. Menaruh bantal kecil
Dr Lee menyarankan taruh bantal kecil di belakang punggung bawah Anda. Agar sekitar pinggang dan bokong dapat nyaman dan beristirahat.

2. Postur Tubuh
Memiliki kursi sebaik apapun jika cara duduk Anda salah maka tidak akan memperbaiki postur tubuh Anda. Hindari membungkuk, terlalu dekat dengan keyboard komputer dan menyilangkan kaki.

Berikut cara duduk yang tepat:

- Kedua kaki diletakkan lurus di lantai dengan lutut sedikit lebih tingi daripada pinggul atau bangku.
- Siku nyaman di samping atau diletakkan di sandaran kursi dan bahu tetap lurus rileks.
- Kepala memandang lurus ke depan
- Fokus pada pernapasan perut untuk meningkatkan oksigen ke tubuh. Pernapasan perut juga membuat tubuh tetap santai.

3. Banyak minum air
Dehidrasi dapat membuat Anda mudah lelah dan cara duduk cenderung merosot saat Anda kekurangan air dalam tubuh. Minumlah air putih, teh atau jus agar terhindar dari dehidrasi.

4. Bergerak
Hindari duduk seharian di kursi. Bergeraklah secar teratur dengan bangun setiap 15 sampai 30 menit sekali untuk meregangkan otot. Anda juga bisa berjalan-jalan untuk meningkatkan energi.

Itulah tips menjaga mata kita supaya tetap sehat. Jangan sia-siakan kesehatan mata anda karena dengan mata itulah kita dapat melihat keindahan Ciptaan Tuhan di Dunia ini.

Sumber : http://www.beritaunik.net/tips-trik/4-tips-sehat-saat-duduk-lama-di-depan-komputer.html

3 Responses

  1. santo says:

    thanks infonya…
    wah harus minum banyak air neh…hehe menambahkan saja mas, mungkin yang masih pake layar CRT, dengan sedikit menurunkan contrast cukuplah untuk membuat mata tidak cepat lelah karena pancaran radiasi berkurang… oh iya mungkin yang LCD juga bisa..

  2. ajurna says:

    ea gan, terima kasih atas tambahannya

  3. terima kasih atas informasi dan tips nya sobat salam kenal dan sukses selalu ngeblognya!!!

Leave a Reply