Home » Motivasi » 10 Cara Supaya Bisa Bangun Pagi

10 Cara Supaya Bisa Bangun Pagi

Posted by MaRLiF Under Category Motivasi | No Comments

Membiasakan Bangun pagi merubakan hal yang penting bagi yang memiliki aktivitas pagi secara rutin. Bangun pagi banyak manfaatnya, selain memperlancar aktivitas juga membuat tubuh segar dan berstamina.

Tapi ketika cuaca dingin atau malamnya begadang, bisa membuat rencana bangun pagi tersebut gagal total. Jadi selain keinginan yang kuat diperlukan juga usaha untuk mengantisipasi bangun kesiangan yang berakibat terlambat memulai aktivitas.

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa membantu.

  1. Tidur efektif
    Semua juga tahu kalau ingin bangun lebih pagi kita sebaiknya tidur lebih awal. Tapi percuma saja tidur selama delapan jam jika tidur kita tidak efektif. Jika posisi tidur tak nyaman, bantal terlalu tinggi, atau suhu kamar terlalu dingin, kita akan terbangun berkali-kali di tengah malam, dan tubuh pun merasa kita belum mendapat cukup istirahat.

  2. Hindari kopi, red wine, dan cokelat sebelum tidur
    Penelitian menunjukkan tiga jenis makanan dan minuman ini adalah yang paling berpotensi mengganggu tidur. Mengonsumsinya di malam hari bisa membuat perut Anda bergejolak di malam hari dan tidur pun tak nyaman.

  3. Buka tirai jendela kamar
    Begitu matahari terbit, sinarnya akan masuk ke kamar dan membantu Anda terbangun.

  4. Geser rutinitas Anda jadi lebih pagi
    Jika biasanya Anda memulai aktivitas sehari-hari jam 8 pagi, tambahkan beberapa aktivitas tambahan yang dilakukan di jam 7 pagi. Misalnya jogging, berenang di kolam belakang kompleks, memasak sarapan sendiri, menulis untuk blog, atau apa pun aktivitas yang Anda senangi. Lakukan secara rutin setiap hari hingga jadi bagian gaya hidup Anda.

  5. Gunakan 2 alarm
    Anda biasa menyimpan jam alarm (atau menggunakan alarm ponsel) di samping tempat tidur? Silakan. Tapi pasang juga satu alarm lain, kalau bisa yang bunyinya lebih kencang, di tempat yang berjarak minimal 5 langkah dari tempat tidur. Mau tak mau Anda harus bangun untuk mematikannya. Tapi setelah itu jangan tidur lagi, ya.

  6. Simpan segelas air di samping tempat tidur
    Begitu alarm berbunyi, duduklah di tempat tidur dan minum segelas air yang sudah disediakan. Sampai habis. Ini berguna untuk membuat tubuh Anda siap beraktivitas dan tak ingin kembali tidur.

  7. “Jump out of bed”
    Istilah dalam bahasa Inggris ini bisa diartikan secara harfiah. Setelah mematikan alarm, langsung bangkit dan “melompat” turun, lalu jauhi tempat tidur.

  8. Pikirkan hal menarik yang akan terjadi hari ini
    Sebelum memutuskan untuk tidur lagi, pikirkan rencana kegiatan yang akan Anda jalani hari ini. Jika Anda bangun lebih pagi, tentunya akan ada lebih banyak waktu untuk bersiap-siap, memilih busana terbaik, menata rambut, dan berdandan dengan lebih maksimal. Menyenangkan, bukan?

  9. Jadikan kebiasaan
    Oke, Anda sudah berhasil bangun lebih pagi dari Senin hingga Jumat. Weekend bisa bangun jam 10 lagi, dong? Jangan salah. Tubuh bekerja menyesuaikan dengan jadwal yang sudah jadi kebiasaan. Jika Anda sudah membiasakan diri selama seminggu untuk bangun pagi, seterusnya tubuh Anda akan terbangun sendiri di jam yang sama. Namun jika rutinitas itu dirusak (tiba-tiba Anda kembali bangun siang selama 3 hari), tubuh pun akan mengikuti jadwal yang baru.

  10. Pikirkan risikonya
    Setiap Anda berpikir, “Tidur lagi deh, 15 menit lagi,” ingatlah bahwa rata-rata manusia menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur. Jadi jika Anda diberi usia hingga 70 tahun, Anda akan menghabiskan lebih dari 20 tahunnya untuk tidur. Jadi, lupakan tidur 15 menit lagi. Anda masih punya banyak waktu untuk tidur besok-besok.

referensi: Yahoo.com

Tags:

Leave a Reply