Home » Komputer » Cara Membuat File Image ISO

Cara Membuat File Image ISO

Posted by Umar Ajurna Under Category Komputer | 3 Comments

Cara membuat file image ISO atau mengcopy CD ke harddisk komputer. Image ISO adalah file copyan CD yang disimpan di harddisk. cara membukanya harus dengan software virtual drive seperti Nero, PowerIso, UltraISO, Ashampo, dll.

kenapa harus dibuat Image ISO, kenapa tidak langsung dicopy dari CD terus dipaste harddisk komputer saja seperti memindah file dari flashdisk?

Secara garis besar, CD dibagi menjadi dua :
1. CD Data
2. CD Bootable

Untuk CD Data, jika kamu ingin mengcopy file dengan cara copy paste secara manual bisa saja. tapi untuk CD Bootable jika copy paste secara manual maka hasilnya akan error (tidak bisa booting) karena CD Bootable selalu ada file MBR, dan itu tidak bisa dicopy paste karena berupa system yang tidak terlihat. jadi untuk CD Bootable supaya bisa digunakan maka harus dicopy dijadikan Image ISO atau langsung Copy to Disc (Copy dari CD ke CD).

Cara membuat Image ISO dari CD/DVD menggunakan Nero :

  1. Masukkan CD/DVD yang akan dicopy / dijadikan image ISO.
  2. Buka Program Nero (Nero Express).
  3. Pilih “Image, Project, Copy” dan klik “Copy Entire CD”.

  4. Pada “Source drive”, silahkan pilih drive CD ROOM tempat CD/DVD yang akan dicopy. Pada “Destination drive”, silahkan pilih “Image Recorder [CD-R/RW].

  5. klik tombol “Copy”, setelah itu akan muncul notifikasi hasil output Image ISO disimpan. silahkan tentukan penyimpanan sesuai keinginan dan klik “save”
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses copy selesai.

Cara membuat Image ISO dari file yang di harddisk komputer menggunakan UltraISO

Kalau komputer kamu sudah terinstal software virtual drive (UltraISO) maka proses membuat Image ISO ini lebih mudah.¬†¬†Klik kanan pada file yang akan dijadikan image ISO dan pilih UltraISO >> add “namafile.iso”. hampir sama membuat/mengkonvert file zip/rar.

Tags:

3 Responses

  1. farizalfa says:

    Kalau di Ubuntu gimana mas???

Leave a Reply