Home » Jaringan » Cara Menjadikan Wifi Laptop Sebagai Hotspot

Cara Menjadikan Wifi Laptop Sebagai Hotspot

Posted by Umar Ajurna Under Category Jaringan | 15 Comments

Cara Menjadikan Wifi Laptop Sebagai Hotspot atau yang lebih kerennya disebut memanfaatkan wifi laptop sebagai Akses Point hotspot. Dengan begitu dari satu modem yang digunakan di laptop bisa dishare internetnya via wifi dan bisa kita manfaatkan untuk internetan di HP android atau BB. Enak kan……

Bagaimana caranya, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Setting dulu server ad-hoc pada laptop kamu. kalau windows xp bisa lihat disini, untuk windows 8 bisa lihat di postingan kemarin “Cara membuat koneksi ad-hoc di windows 8“.

2. Buka Control Panel >> Network and Internet >> Network and Sharing Center. Pada panel kiri, klik ‘Change Adapter Settings‘.

3. Pilih jaringan yang akan di-share (mungkin modem). Pastikan koneksi internet dari jaringan yang akan di-share sedang terputus, kalau tidak, share akan berfungsi setelah disconnect dan connect lagi. Di sini saya akan share internet dari modem AHA.

share connection

4. Klik kanan >> Properties >> pilih tab Sharing, centang ‘Allow other network users to connect through this computer’s internet connection‘.

5. Karena di sini saya membuat Ad-Hoc network dengan nama ajurnaWIFI, maka pilih jaringan ‘ajurnaWIFI‘ (disesuaikan dengan Ad-Hoc Network anda).

ajurna wifi

6. Selanjutnya klik OK dan koneksikan kembali modem/internet kabel yang anda share. Untuk membuktikannya, tes koneksi di perangkat lain. Jika sudah dapat mengakses internet, anda berhasil.

Dan percobaan diatas berhasil, berikut capture di Android mini saya bisa connected dengan ajurnaWIFI yang barusan dibuat dan bisa berinternetan.

ajurna wifi connected

Selamat mencoba kawan…. banyak belajar banyak tau.

.

15 Responses

  1. Rifqi says:

    Keren-keren, tak cobain dulu ah,

  2. Donna says:

    Thanks sob, tutorial yg berguna sekali.

  3. antonius says:

    connect iya cuman ngak mau nyambung mas

  4. idy says:

    ad-hoc saya udah done, tp icon yg muncul bukan kyk ‘sinyal di arjunWIFI’ malah iconnya ada 3 kotak warna ijo. begimana gan?

  5. idy says:

    malah waiting user gitu gan, gimana connectnya?

  6. Anggy says:

    gan mau tanya, ini kalo udh kita setting dari control panel seperti yang telah disebutkan diatas. apakah setiap kita pasang modem kita lgsg otomatis sharing atau hanya sekali pakai (disetting kembali) .

    sama aku mau tanya lagi.. kita harus nyalain wifi kita dari laptop atau pake kabel data?

    mohon bantuannya ya.. trima kasih

  7. rayyan says:

    gan, gimana cara buat agar wifi yg mau di share gak minta password,jd jaringan wifi nya open aja gak pake pengaman wpa/wpa2 psk

  8. phy says:

    pas langkah ke 5,,,ga ada pilihan wifi network yg udah dibikin :(

  9. devina says:

    mas saya udah coba semuanya, cuman internetnya tetap tidak jalan mas. itu gimana?

  10. anymous says:

    kok gak permanen ?? sekali disable langsung hilang. mau buat ulang susah ngetik

  11. NU.Primadini says:

    kenapa aku coba ga bisa? ad hoc nya berhasil, shared aha-nya juga bisa, tapi pas mau start hostednetwork nya ga bisa. katanya “A device attach to the system is not functioning”
    maksudnya apa ya??

Leave a Reply