Home » ajurna style » 10 Film India (Bollywood) Terbaik Sepanjang Masa

10 Film India (Bollywood) Terbaik Sepanjang Masa

Posted by Ollivia Nanda Under Category ajurna style | 12 Comments

Film India atau yang sering disebut Film Bollywood memang untuk masa sekarang sudah tidak terlalu booming di Indonesia, bahkan kadang ada yang mencibir cowok kon nonton film india, katanya gak gaul atau alay. Tapi syukurlah saya ikut merasakan jamannya film bollywood Jaya di indonesia sekitar Tahun 2000 an, karena saat itu Saya masih berumur 8-12 tahun yang sering ikutan nonton film itu sama kakak perempuan.

Karena dulu ketika kecil udah nonton, jadi kalau sekarang nonton gitu rasanya bernostalgia hiburan masa kecil. Kalau nonton sendiri sih senengnya film india yang perang-perang gitu, tapi karena nontonnya sama kakak jadinya sering juga nonton yang bercerita tentang Drama Cinta (Kuch Kuch Hota Hai, Mohabbatein), atau Lika – liku kehidupan dalam keluarga (Kabhi Khushi Kabhie Gham),dll. Bahkan bisa hingga sekarang pun sebagian film tersebut masih menarik dan dramanya masih mengena di hati para penontonnya meski sudah berkali-kali ditonton.

Berikut Film Bollywood Terbaik Sepanjang Masa dalam hal cerita drama kehidupan, cinta, keluarga, atau persahabatannya mengena di hati. apalagi didukung oleh pemain-pemain yang handal.

  1. Kuch Kuch Hota Hai artinya “Telah Terjadi Sesuatu”  (1998)
    Kuch Kuch Hota Hai bisa dibilang mendobrak pakem film India yang sebelumnya eksis. Bukan drama perebutan harta, bukan mistis, bukan juga film polisi baik Vs. penjahat seperti film-film Bollywood yang mengisi layar kaca TV nasional setiap pagi. Segmen awal Kuch Kuch Hota Hai mengisahkan cinta segitiga antara Anjali (Kajol), Rahul (Shahrukh Khan), dan Tina (Rani Mukherjee) di bangku kuliah. Gaya berpakaian dan suasana kampus dibuat sangat kebarat-baratan. Alurnya pun bergulir manis, bisa dibilang tak ada antagonis dalam film ini.
    Pada tahun 1999, Kuch Kuch Hota Hai berhasil mendapat 8 penghargaan dalam ajang Filmfare Awards.
  2. Mohabbatein (2000)
    Film yang dibintangi mega bintang Bollywood. Amitabh Bachchan, Shahrukh Khan, dan Aishwarya Rai dipertemukan dalam film produksi tahun 2000 ini. Bercerita soal kehidupan di universitas Gurukal, yang dikelola Narayn Shankar (Amitabh Bachchan). Narayn sangat berharap mahasiswanya disiplin, menjunjung tinggi tradisi dan terhormat. Ia melarang mahasiswa di kampusnya berpacaran. Yang ketahuan pacaran, akan dikeluarkan.Berbeda dengan Narayn, dosen musik Raj Aryan (Shahrukh Khan) malah sangat mengagungkan cinta. Ia bahkan mendukung mahasiswanya yang jatuh cinta. Tentu hal ini menjadi pertentangan antara Narayn-Raj. Sampai terungkap bahwa Raj dulu juga mahasiswa Gurukal yang jatuh cinta pada Megha (Aishwarya Rai), anak Narayn satu-satunya. Narayn lalu men-drop out Raj. Peristiwa ini membuat Megha bunuh diri.
  3. Kabhi Khushi Kabhie Gham artinya “Kadang Suka Kadang Duka” (2001)
    Cerita yang menyentuh hati, dengan pemain mega bintang dari berbagai generasi. Film produksi 2001 ini berhasil menyatukan Amitabh Bachchan, Shahrukh Khan, Kajol, Hrithik Roshan, dan Kareena Kapoor. Rahul (Shahrukh Khan), anak adopsi sebuah keluarga berada memilih menikahi Anjali (Kajol), perempuan dari kelas menengah. Yash (Amitabh Bachchan), ayah angkatnya, tega mengusir Rahul. Nandini (Jaya Bachchan) melepas kepergian putranya dengan berlinang airmata.Sepuluh tahun berlalu, Rohan (Hrithik Roshan), anak kandung Yash-Nandini telah dewasa. Dari penyelidikannya, Rohan tahu bahwa Rahul dan Anjali kini tinggal di London. Pemuda ini bertekad menyatukan kembali keluarganya yang tercerai berai.
  4. Dil Hai Tumhaara artinya “Hati Ini Milikmu” (2002)
    Shalu (Preity Zinta) merasa tak pernah mendapat kasih sayang Saritaji (Rekha), ibunya. Saritaji hanya menyayangi Nimmi (Mahima Chaudhry), kakak Shalu. Saritaji membenci Shalu karena gadis tomboy itu bukan anak kandungnya. Shalu adalah anak almarhum suami Saritaji dengan selingkuhannya. Konflik muncul tatkala Shalu dan Nimmi sama-sama menyukai Dev (Arjun Rampal), pemuda lulusan universitas Amerika Serikat. Dev lebih menyukai Shalu, tapi tentu saja Saritaji mewanti-wanti Shalu agar meninggalkan Dev demi Nimmi.
  5. Koi Mil Gaya artinya “Aku Menemukan Seseorang” (2003)
    Koi Mil Gaya ini kerap disebut-sebut sebagai film fiksi ilmiah Bollywood pertama yang lantas dibuat menjadi trilogi. Film ini memasangkan Hrithik Roshan dan Preity Zinta, serta aktris senior Rekha. Kisahnya tentang seorang pemuda (Hrithik) keterbelakangan mental yang kerap menjadi bulan-bulanan temannya. Sampai suatu hari, ia bertemu alien yang mengubahnya menjadi kuat, cerdas, dan populer di kalangan teman-temannya.
  6. Chori Chori Chupke Chupke artinya “Diam Diam Sembunyi Sembunyi” (2001)
    Kehidupan pasangan dari kalangan atas Raj (Salman Khan) dan Priya (Rani Mukherjee) awalnya terlihat sempurna. Sampai suatu hari, Priya keguguran dan dinyatakan tak bisa hamil lagi. Mereka sepakat mencari ibu pengganti, Madhu (Preity Zinta). Konflik dimulai. Dari Priya yang tidak tahu bahwa Madhu seorang pelacur, Madhu yang diam-diam jatuh cinta pada Raj, sampai Madhu yang mengurungkan niat untuk menyerahkan bayi yang dikandungnya pada Raj-Priya.Di India, film ini disebut sebagai film pertama mengangkat isu ibu pengganti yang dianggap tabu. Beberapa adegan di film produksi 2001 ini juga dituduh menjiplak Pretty Woman. Muncul pula beberapa sinetron yang bercerita soal ibu pengganti yang diduga menyadur film ini.
  7. Kaho Naa Pyaar Hai artinya “Katakan… Kamu Cinta Aku” (2000)
    Film ini meraih gelar film terbaik versi Filmfare Awards dan International Indian Film Academy (IIFA) Awards.
    Kaho Naa Pyaar Hai juga sukses menjadi film yang paling banyak ditonton di India pada tahun 2000. Bercerita soal Rohit (Hrithik Roshan) montir yang bertransformasi jadi penyanyi terkenal. Jelang konsernya, Rohit menyaksikan pembunuhan. Ia pun jatuh ke jurang saat berusaha melarikan diri dari kejaran si pembunuh. Sonia (Amisha Patel), kekasih Rohit, syok dengan kepergian Rohit yang tragis.Ayahnya mengirimnya ke Selandia Baru untuk bertemu sepupunya, dengan tujuan melupakan Rohit. Di sana, Sonia bertemu Raj (Hrithik Roshan), pria yang sangat mirip dengan Rohit. Dan di sinilah Sonia dan Raj akhirnya menyelidiki kematian Rohit dan bermaksud membongkar siapa pelakunya. di samping itu, Raj melakukan itu semua karena Raj mengejar cinta pertamanya yaitu Sonia.
  8. Mujhse Dosti Karoge artinya “Maukah Kau Jadi Sahabatku” (2002)
    Dibintangi 3 artis terkenal. Raj (Hrithik Roshan), Pooja (Rani Mukherjee) dan Tina (Kareena Kapood) adalah sahabat sejak kecil. Namun saat remaja, Raj pindah ke London mengikuti ayahnya bekerja. Raj membuat Tina berjanji berkomunikasi via e-mail setiap hari. Tina yang sibuk lupa akan janjinya. Selalu Pooja yang membalas e-mail Raj, memakai akun e-mail Tina. Raj menyukai Tina, sementara Pooja menyukai Raj. Bagaimana kesudahannya? Selain cerita yang komersil, lagu-lagunya pun cukup populer di sini, khususnya “Mujhse Dosti Karoge” dan “Oh My Darling”.
  9. Mann (1999)
    Drama percintaan dimainkan oleh Aamir Khan dan Manisha Koirala. Dev Karan (Aamir) dan Priya (Manisha) sebenarnya sudah memiliki calon istri/suami. Namun saat Priya dan Dev Karan bertemu di sebuah cruise, keduanya jatuh cinta. Ketika Dev Karan dan Priya sudah meninggalkan pasangan masing-masing, Priya mengalami kecelakaan yang menyebabkannya diamputasi dan tak berani menemui Dev Karan.Di sinilah cinta keduanya kembali diuji. Selain cerita yang mengharu biru, pemirsa pasti ingat salah satu soundtrack film produksi 1999 yang berjudul “Tinak Tin Tana”. Lagu ini sempat disebut-sebut menyadur lagu pop Melayu “Yang Sedang-Sedang Saja” yang dipopulerkan Iwan.
  10. Dil To Pagal Hai artinya “Hati Yang Tergila-gila” (1997)
    Kisah ini diawali ketika Rahul yang diperankan oleh Bollywood megastar Shahrukh Khan sedang mencari seorang penari untuk memerankan sebuah karakter yang bernama Maya. Padahal Rahul mempunyai sahabat yang juga adalah penari, yakni Nisha (Karishma Kapoor), namun ternyata Rahul menganggap Nisha tidak cocok untuk peran Maya. Nisha sendiri mempunyai kepercayaan bahwa cinta adalah persahabatan dan pada suatu hari impiannya yakni Rahul mencintainya akan menjadi kenyataan.Pada suatu hari, Rahul mendapatkan seseorang yang dianggap cocok untuk peran Maya untuk drama panggungnya. Ia adalah Pooja (Madhuri Dixit), seorang gadis cantik yang juga mahir menari seperti halnya Nisha. Tidak hanya itu, Pooja juga mempunyai sebuah impian, yakni bahwa ada seorang pria akan datang membawa cinta untuknya dan mereka akan hidup bahagia untuk selamanya. Nah, terjadilah sebuah kisah cinta yang melibatkan Rahul, Nisha dan Pooja.

Bonus: yang baru-baru ini saya tonton film bollywood menyentuh hati lagi tuh ini MY NAME IS KHAN sama 3 IDIOTS (ini bagus kisah persahabatannya).

10 Film di atas terbaik sepanjang masa menurutku menurut saya lo ya, kalau menurutmu ada yang lebih bagus / ada film bollywood yang lebih kamu sukai bisa kamu rekomendakan ke teman-teman, tulis di komentar bawah ya.

Kalau ada yang gak suka dengan film bollywood mohon maklum ya, gak boleh saling mengejek. :D

12 Responses

  1. aini says:

    info yang sangat bagus kak.
    kuch kuch hota hai, mohabattein, dil hai tumhara dan kabi kusi kabi gem itu film favoritlu. nontonnya bisa sampai nangis. :D

  2. fia says:

    ad lg,dadhkan.ak jg suka itu.ad film india yg baru gk,yg pemainx kajol dn sakhru han,kangen ma chemistry mrk berdua.

  3. info yang sangat sangat menarik sekali,,, putar lagi donk film india yang terpang pang nyata,,, 4 film india diatas yang gambarnya oke punya…

  4. Teuku Am says:

    Ghajini (2008) perlu ditonton
    Tera zamen Par
    film boly bagus

  5. rifa nisa says:

    kalau aq sih lebih suka film india kal ho na ho ama rab ne bana di jodi ceritanya bagus bgt sampai2 bikin aq nangis

  6. akhyar rizqi says:

    ada lagi yang seru seperti karan arjun , tumko na bhool payenge , dabangg and dabangg 2

  7. ALWI says:

    ku suka lagu dan film nya “Mann” sangat menyentuh hati,,,,,

  8. india, kusuka filmnya. wow

  9. fauzi alhamid says:

    film zinda na milegi dobra itu
    film yang verry good\bagus bangeeeeeet awas menyesal klo g’diliat

    ……..cepetan liat……..
    ……..luar biasa lo……..

  10. Bintang says:

    film smelekete jangan ditonton !

  11. Ubaydillah Bfagih says:

    Maine Pyar Kiya jg block buster movie hindi yg menyentuh sekalipun agak jadul, disini ente liat bagaimana perjuangan cinta

  12. acha says:

    filim kash ap hamare hote ( sonu nigam dan juhi ) filim romantis yang paling aku senangi,coz suaranya sonu nigam asli lho. udah lama ngga di putar thuuu. pingin dong di putar filim” 2000,. filim 2000 thu lebih asyik dan menarik ketimabg filim hollywod skarang ini.

Leave a Reply