Home » Komputer » Cara Bongkar Pasang Komponen CPU Komputer (Pemula)

Cara Bongkar Pasang Komponen CPU Komputer (Pemula)

Posted by Umar Ajurna Under Category Komputer | 1 Comment

Cara membongkar dan memasang kembali Komponen CPU Komputer mulai dari membuka chasing CPU, lepas Processor, RAM, motherboard, dll.

Melepaskan komponen-komponen pada motherboard
Sebelum mulai melepaskan komponennya harus di persiapkan beberapa alat yang dapat membantu kita dalam melepaskan komponen-komponen pada motherboard. Alat-alatnya adalah :

  • Obeng (obeng min, obeng plus)
  • Multimeter
  • Alaskaret

Jangan lupa CPU dikasih Alas untuk menghilangkan kosleting listrik.

membongkar komponen Komputer

Langkah –langkah dalam membongkar motherboard :

  • Lepaskan casing samping CPU
    Cara melepaskanya menggunakan obeng yang sesuai.
  • Setelah melepaskan casing
    Setelah melepaskan casing pastikan posisi CPU harus dalam keadaan tertidur dan area kerja harus menghadap keatas.
  • Siapkan buku atau notes
    buku atau note untuk membantu kita dalam mencatat hal-hal penting agar membantu kita pada saat kita memasangkan kembali komponen-komponen yang di buka tadi.
  • Melepaskan kabel
    Pada saat melepaskan kabel jangan di tarik atau memegang pada badan kabel karena akan merusak kabel atau putus. Caranya adalah memegang pada bagian utama atau plastik pada ujung kabel kemudian menggerakan ke kiri dan ke kanan hingga kabel terlepas.
  • Melepaskan card yang terpasang
    Untuk proses pelepasan card posisi melepas atau menarik harus pada posisi 90 derajat, sehingga card tidak patah.

Setelah melepaskan komponennya kita harus mengecek komponen lain yang ada pada motherboard.

  1. Batrei CMOS
    Pada batrei CMOS kurang lebih dayanya tahan 5 tahun. Jika dayanya lemah atau habis maka akan mempengaruhi proses pada bios dalam penyimpananya.
  2. Power Suplay
    Untuk mengetahui apakah power suplay masih dalam kondisi baik atau tidak kita harus melakukan shoot kabel hijau dan kabel hitam lalu cek power suplay apabila menyala maka masih bagus atau masih layak di pakai.
  3. ELCO
    Harus melakukan pengecekan apabila sudah melembung maka sebaiknya harus di ganti.
  4. FAN
    Fungsinya FAN adalah untuk mensupplay udara. Biasanya ada 4 FAN yang berfungsi untuk mensupplay udara dan juga untuk menarik udara keluar.
  5. Memasangkan kembali komponen-komponen

    Langkah – langkah pemasangan:

    • PEMASANGAN PROCESOR
      Letakan prosesor sesuai dengan posisi pada motherboard, lalu mengunci processor sampai ada bunyi klik berarti processor sudah terpasang dan terkunci.
    • PEMASANGAN RAM
      Pada saat memasang RAM pada motherboard di pastikan harus sesuai dengan jalur atau kunci yang ada pada ram. Biasakan sebelum memasang terlebih dahulu membuka kunci di kanan dan kiri ram, setelah ram di pasang rekatkan kembali kunci yang ada pada bagian kiri dan kanan ram untuk memperkuat kedudukan ram. Pada saat pemasangan ram pastikan harus ada bunyi klik.
    • PEMASANGAN VGA
      Sebelum memasang VGA erlebih dahulu harus melepaskan kait pengunci pada motherboard barulah meletakan VGA. Setelah itu merekatkan kembali pengunci VGA. Perkuat dengan mur atau di sesuaikan dengan casing. Hal tersebut berlaku untuk pemasangan modem, LAn Card dan Sound Card.

    di bangku kuliah memang beginilah diajari, kalau real di lapangan (tempat kerja seorang teknisi komputer) lebih banyak yang dibongkar dan dioprek jangan heran ya…..

    sekian dan terima kasih

One Response

  1. well, nice post, thanks for share

Leave a Reply