Home » Web Programming » Perbedaan MySQL dan SQL

Perbedaan MySQL dan SQL

Posted by Umar Ajurna Under Category Web Programming | 1 Comment

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya apa perbedaan MySQL dan SQL. Apakah sama saja atau beda, kalau beda perbedaannya dimana.

SQL dan MySQLPostingan kali ini sebenarnya melanjutkan postingan sebelumnya tentang Apa hubungan antara PHP dan MySQL. dan kali ini apa perbedaan MySQL dengan SQL, berikut sedikit penjelasannya :

SQL (Stuctured Query Languange) adalah suatu bahasa permintaan (query) yang terstruktur. Karena SQL ini hanya suatu bahasa permintaan, jadi SQL bisa digunakan oleh software RDBMS (Relational Database management System) apa pun yang mensupport SQL, pada kenyataannya SQL telah menjadi bahasa permintaan yang telah diapakai dalam software database server apa pun termasuk oracle dan MySql.

Mysql adalah sebuah software pengolah database / RDBMS (Relational Database Management System) yang dapat menangani database dalam jumlah yang sangat besar, dan dapat diakses oleh banyak user. Kita dapat mengolah database dalam MySQL dengan melakukan query atau mengolah data tersebut dengan SQL (Structured Query Languange)..

Pebedaan SQL dan Mysql

Bila sekilas SQL dan Mysql seperti sama, tapikeduanya berbeda SQL adalah bahasa query database (permintaan) sedangkan Mysql adalah software RDBMS yang mensupport bahasa SQL.

MySQL = Nama produk
SQL = Nama bahasa query

Kurang lebih begitulah perbedaannya, jadi tidak salah jika pada Ms Access ada SQL juga untuk mengolah database Ms Access.

One Response

  1. ternyata mysql itu sebuah aplikasi. saya kira dia juga bahasa pemrograman. thanks ni sob..

Leave a Reply