Home » Bisnis Internet, Kuliah » Contoh Situs Web E-commerce

Contoh Situs Web E-commerce

Posted by MaRLiF Under Category Bisnis Internet, Kuliah | 2 Comments

Contoh situs web e-commerce yang saya posting kali ini merupakan tugas kuliah di semester 5. Masa kuliah jurusan TI sudah semester 5 belum tahu apa itu e-commerce, entah ini tugas yang terlalu mudah atau sulit saya juga kurang tahu. Banyak kok yang masih bingung dikasih tugas mencari masing-masing 5 contoh situs :

  • Penyedia email gratis
  • Search engine
  • webhosting gratis (fasilitas yang digunakan)
  • Situs e-commerce (review secara singkat)
  • Situs entertainment/situs hiburan

Haha, bagi yang sudah lama bergelut dengan dunia online marketer/blogger, hal di atas sangatlah mudah karena itu semua makanan pokok dan sehari-hari blogger. mau nyepam butuh email, mau ngeblog butuh search engine, mau jualan droship ataupun jadi affiliate bergelut dengan situs e-commerce, mau nembak keyword butuh situs entertainment buat referensi keyword aptudet, dll

contoh e commerce

Tapi disini saya hanya mau posting tugas saya yang berhubungan dengan e-c0mmerce saja, kalau yang lain mudah-mudah to, mungkin webhosting gratis bisa jadi bahan posting besok.

Contoh situs web e-commerce dan sedikit review :

  1. Tokobagus.com
    Situs jual beli Indonesia yang paling awal dikenal oleh masyarakat Indonesia, domain situs tersebut sudah terdaftar sejak 24 oktober 2013 lalu. Jadi sudah hamper 10 tahun. Untuk pemasang iklan gratis, tidak dipungut biaya. Dan penjual dan pembeli bias saling negoisasi secara langsung tanpa ada campur tangan pihak tokobagus, jadi took bagus hanyalah menyediak fasilitas website untuk memasarkan produk para penjual. Lalu darimana team tukobagus memperoleh income, untuk masalah itu adalah rahasia dapur, hehe.
  2. Lazada.co.id
    Ini adalah situs jual beli pendatang baru dan masih memiliki 47.700 index google namun langsung melejit namanya di dunia maya maupun di masyarakat, domain lazada.co.id terdaftar baru sejak 6 maret 2012 lalu, jadi baru sekitar 1,5 tahun namun peringkat websitenya di searengine mengalahkan situs jual beli yang dating lebih awal seperti zalora.co.id yang start 2 bulan lebih awal yaitu tanggal 27 januari 2012. Lazada.co.id ini sudah bagus sistem kerjanya, sudah mirip dengan website jual beli kelas internasional yaitu Amazon.com.
  3. Tokopedia.com
    Situs jual beli yang sudah berdiri sejak 30 mei 2008 dan memiliki 5.330.000 index di google, sistem kerjanya mirip dengan tokobagus.com namun lebih terpercaya karena antara penjual dan pembeli tidak langsung bertransaksi langsung, namun melalui pihak tokopedia (jadi semacam rekber kalau di kaskus), pihak pembeli mengirim uang ke rekening tokopedia, dan kalau barang sudah dikirim oleh penjual dan sampai ke pembeli maka pihak tokopedia mengirim uang dari pembeli ke penjual, sistem situs ini juga dicontoh oleh bukalapak.com yang berdiri sekitar 1,5 tahun setelah tokopedia yaitu pada 9-september-2009.
  4. Ebay.com
    Kalau situs yang di atas tadi adalah situs jual beli di Indonesia, ebay ini adalah situs jual beli internasional, sistemnya juga hampir sama dengan tokobagus.com yaitu meskipun di situs ebay terdapat banyak barang yang dijual tapi itu berasal dari banyak penjual juga, dan untuk pembayaran dari penjual ke pembeli secara langsung/tidak melalui ebay. Karena sudah berkelas internasional, untuk alat pembayarannya menggunakan kartu kredit atau Paypal. Dan untuk biaya pengiriman tergantung dari pihak seller, kadang biaya kirim lebih mahal daripada harga produknya, tapi kadang juga free shipping / gratis biaya kirim meski kirim dari Singapura ke Indonesia. Saya sendiri sudah mencoba 2 kali beli di situs ebay ini menggunakan Paypal dan biaya kirim gratis.
  5. Amazon.com
    Bagi pemain online marketer mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya situs jual beli ini, situs jual beli paling besar di dunia mugnkin, register sejak 1 november 1994 dan sudah memiliki banyak cabang seperti amazon.co.uk dan amazon.co.jp (amazonnya jepang). Amazon mempunyai banyak marketing atau dalam dunia nyata disebut makelar. affiliate-program.amazon.com disana kita bisa menjadi penjual tanpa mempunya produk (bukan dropship tapi afiliate), kita akan dapat bayaran sekitar 4-8% dari harga barang yang berhasil kita jual. Program ini terpercaya, saya sudah pernah payout dari program ini dengan bayaran dollar.

 

Itulah satu point dari tugas kuliah hari ini, sekalian buat mengisi blog yang lama terlantarkan.

Kalau ada teman kuliah lain yang mempunyai tugas sama dan mencopy paste tulisan di atas lalu dikumpulkan bagaimana? ya itulah resikonya blogger, pernah juga tugas kuliah pemrograman saya script codingnya saya posting di blog ini dan hal di atas terjadi, tugasku sama dengan tugas teman yang copy paste dari blog saya. Alhasil saya juga dikira hanya copy paste dari internet. hahaha

 

yang masih terpikirkan olehku :

Blogger (sebagian) : Nulis pengetahuan dan hasil experimentnya di blog mereka
Mahasiswa (sebagian) : Cari tugasnya di internet dan nemunya tugas itu hasil tulisan seorang blogger

Kalau sudah seperti itu, mahasiswa atau blogger yang ngerjain tugas? mahasiswa atau blogger yang pinter?
tapi itu semua hanya SEBAGIAN (tidak semua mahasiswa maen copas di internet, dan tidak semua blogger itu nulis sendiri).

Yapz…. happy blogging

2 Responses

  1. fauzie says:

    internet memudahkan para mahasiswa sekarang untuk mencari informasi apapun termasuk menyelesaikan tugas2 mereka. semoga bisa digunakan dengan bijak ya..
    btw, salam kenal bro :)

  2. Jeannine says:

    I drop a leave a response each time I like a post
    on a website or I have something to valuable to
    contribute to the conversation. Usually it’s a result of the passion
    communicated in the article I looked at. And on this post Contoh Situs Web E-commerce.
    I was actually moved enough to post a comment ;) I do have a couple of questions for you if you usually do not mind.
    Is it only me or do a few of these remarks look as
    if they are left by brain dead folks? :-P And, if you
    are posting at additional sites, I’d like to keep up with everything fresh you have to post.
    Would you make a list every one of all your shared pages like your
    linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

Leave a Reply