6 Tips Meningkatkan Traffic Blog dari Pinterest

By | March 19, 2012

Pinterest, situs gambar bookmark yang kini semakin banyak diminati. Jika Anda belum mempunyai akun pinterest silahkan mengajukan invite untuk mendaftar. Banyak jejaring sosial yang dimanfaatkan untuk mencari relasi bisnis, terutama untuk bermain affiliate dan mencari traffic untuk blog. Lalu bagaima memanfaatkan pinterest bukan hanya sebagai sharing gambar (Pin) tapi juga memanfaatkannya untuk bisnis dengan cara mencari traffic untuk blog Anda. Berikut ada beberapa tips untuk membantu meningkatkan traffic blog Anda dari Pinterest.

6 Tips Meningkatkan Traffic Blog Anda dari Pinterest :

  1. Daftar akun Pinterest dan mulai Pin foto Anda sendiri. Ikuti topik favorit Anda dan Repin pin mereka juga. Setiap kali Anda Repin sesuatu, status itu muncul di news feed-mini di sebelah kiri, dengan begitu aktivitas Anda akan dilihat banya orang dan orang lain juga bisa Repin pin Anda. Tapi, jangan terlalu sering Pin dan Repin, karena tidak ada yang suka spammer di Pinterest.
  2. Pastikan konten Anda adalah “pinable”. Kalau yang kamu Pin adalah sebuah URL, pastikan di halaman tersebut ada gambarnya yang besar (biasanya harus lebih dari 180px persegi).
  3. Jika Pin Anda dengan cara meng-Upload gambar dari komputer, Anda juga bisa menambahkan URL blog atau sumber gambar di description. Dengan demikin jika user Pinterest lain tertarik ingin melihat gambar yang lebih banyak bisa menuju ke Link/URL yang Anda masukkan di description tersebut.
  4. Berikan Pin Anda keterangan singkat, deskripsi menarik yang menyertakan kata kunci penting dan tag sehingga Pin Anda akan mudah ditemukan oleh mesin pencarian.
  5. Jangan lupa konten Anda lebih tua, maksudnya posting Blog Anda harus lebih dulu sebelum Anda Pin di Pinterest. Lihat arsip blog Anda dan pastikan yang kamu Pin telah diposting di masa lalu dan memberi tautan baru di Pinterest.
  6.  Tambahkan Tombol “Pin-It” di posting Anda. Banyak penyedia fitur share bookmark di luar sana dan tentunya Pin-It sudah masuk di dalamnya. Tetapi jika mau mengambil tombol Pin-It dari Pinterest sendiri juga bisa. Langkah pertama silahkan buka http://pinterest.com/about/goodies/ dan gulir ke bawah temukan “Pin It” Button for Websites. Isi URL blog dan URL gambar yang ingin di-Pin dari posting itu, salin kode yang dihasilkan dan paste di blog Anda (Blogger / WordPress bisa). Hal ini juga memungkinkan untuk mengatur Tombol Pin It untuk secara otomatis muncul di setiap posting menggunakan “Advanced Code”.

Apakah Pinterest bermanfaat untuk memajukan bisnis Anda? Trik Apa yang Anda gunakan ketika share Pin di Pinterest? Mari kita berbagi.

Please rate this

4 thoughts on “6 Tips Meningkatkan Traffic Blog dari Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*