7 Manfaat Bangun Pagi

By | May 4, 2011
7 Manfaat Bangun Pagi
5 (100%) 1 vote


Bangun pagi memang sangatlah menyebalkan. apalagi kalau dingin, rasanya lebih enak kalau dipagi hari itu menarik selimut lagi dan melanjutkan mimpi yang terputus. tapi bagaimana kalau kita punya aktifitas yang tidak bisa ditunda dan harus tepat waktu. kita akan berangkat dengan tergesa-gesa dan melupakan banyak hal yang itu sangal penting.

Maka dari itu kita harus membiasakan bangun pagi dan melakukan hal-hal dengan santai. Berikut ini manfaat bangun pagi dan hal-hal positif yang kita dapatkan dengan bangun pagi.

  1. Mengasah pikiran dan Hati
    Pagi hari merupakan waktu yang baik untuk pengembangan diri. karena waktu pagi hari adalah waktu yang paling segar, tenang dan bersih bagi udara di bumi ini sehingga bisa digunakan untuk mengembangkan diri Anda, secara profesional, emosional, fisik, mental, dan spiritual. pagi hari adalah waktu untuk mengasah pikiran dan hati.
  2. Waktu sarapan
    Melewatkan sarapan sama artinya menabung banyak penyakit, seperti obesitas, jantung dan bahkan diabetes. Sebagian orang melewatkan waktu sarapan karena bangun kesiangan di pagi harinya. Tidak sarapan juga membuat Anda tidak bertenaga dan bersemangat saat menjalani rutinitas.
  3. Meningkatkan produktivitas
    Jika Anda mengawali hari lebih awal, Anda akan membuat hari terasa lebih panjang. Dengan demikian, Anda bisa melakukan lebih banyak dalam satu hari daripada biasanya. Jika pekerjaan Anda menumpuk untuk esok hari, tidurlah lebih awal, bangun lebih pagi, maka Anda bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.
  4. Menggunakan waktu untuk berpikir
    Pakar keuangan James Citrin pernah mengatakan, “Heningnya pagi seringkali terjadi ketika pikiran kita sedang jernih, dan memungkinkan untuk memecahkan persoalan penting.” Artikelnya, Tapping the Power of Your Morning Routine, akan memberikan wawasan pada Anda betapa berharganya waktu pagi. Dalam artikel tersebut Jim juga melaporkan bahwa 80 persen pejabat perusahaan yang diwawancarainya bangun pukul 05.30 atau lebih pagi.
  5. Tidak tergesa-gesa
    Bangun kesiangan seringkali membuat orang tergesa-gesa dan terburu-buru, yang pada gilirannya dapat membahayakan kesehatan jantung. Jadi, bangun lebih pagi berarti membuat Anda memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan segala sesuatu, termasuk urusan pekerjaan Anda.
  6. Dapat melakukan olahraga pagi
    Dengan bangun pagi, seseorang akan memiliki waktu lebih banyak sehingga bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, latihan pernapasan, bersepeda, berenang, jogging dan olahraga ringan lainnya.
  7. Menghindari kemacetan
    bisa mengalahkan kemacetan bagi orang-orang yang hidup di kota-kota besar macam Jakarta, Surabaya, Medan dan lain sebagainya. karena pada waktu itu orang-orang masih malas untuk melakukan aktifitas.

2 thoughts on “7 Manfaat Bangun Pagi

  1. Rina As

    Kalau bisa bangun pagi benar2 cocok bila dimanfaatkan untuk berolahraga..
    Teus terang saya melakukannya terutama saat sabtu dan minggu, dimana sedang libur kerja
    Nice posting …

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *