Alasan Mengapa Kebahagiaan Karyawan itu Penting bagi Perusahaan

Karyawan yang bahagia itu penting untuk kemajuan perusahaan. Apakah sekarang ini karyawan yang bekerja di perusahaan Anda sudah bahagia atau belum?

Sama juga dari sudut pandang karyawan. Apabila Anda adalah seorang karyawan, apakah sekarang Anda sudah bahagia dengan pekerjaan yang Anda lakukan? Ini penting untuk dicaritahu sebelum terlambat.

Pendapat Profesional

Berdasarkan pendapat dari Profesor Stephen Teo, yang berasal dari universitas di Australia, Edith Cowan, bahwa ada beberapa rahasia kebahagiaan di perusahaan atau tempat kerja seseorang. Kebahagiaan karyawan di tempat kerja itu bagus tidak hanya untuk perusahaan saja tetapi juga karyawan itu sendiri.

Ilustrasi karyawan perusahaan

Apabila seorang karyawan bahagia dan cocok dengan pekerjaan dan juga lingkungan kerja mereka, secara otomatis produktivitas perusahaan pun juga akan ikut meningkat. Apabila produktivitas perusahaan meningkat maka profit perusahaan juga ikut naik. Disebutkan oleh Profesor Teo jika dari sudut pandang keselamatan dan kesehatan kerja, bahwa karyawan yang tak senang pada pekerjaan mereka, maka karyawan tersebut tidak akan merasa ikut dilibatkan. Perusahaan harus bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah ini demi keberlangsungan perusahaan itu sendiri.

Efek Lainnya Karyawan tak Bahagia

Terdapat efek negatif lain yang akan dirasakan oleh perusahaan apabila karyawan di perusahaan mereka tidak bahagia. Tidak lain adalah tingkat turnover karyawan yang tinggi, yang berarti karyawan berprestasi pun bisa ikut mengundurkan diri. Biaya pelatihan dan biaya perekrutan yang harus ditanggung oleh perusahaan pun akan menjadi lebih tinggi karena ini.

Karyawan yang tak bahagia ketika bekerja, tetapi merasa mereka tidak bisa berhenti bekerja, karena harus memenuhi kebutuhan hidup keluarga, akhirnya jadi sering mengambil cuti, contohnya cuti sakit.

Dari itu semua sekarang Anda sudah memiliki cukup alasan untuk lebih peduli terhadap kebahagiaan karyawan.

Sumber Kesengsaraan Karyawan di Perusahaan

Karyawan yang tak bahagia di tempat kerja biasanya diakibatkan oleh kepemimpinan yang buruk, suasana kerja tidak nyaman, dan rekan kerja yang tak mendukung. Ada kasus karyawan yang diasingkan oleh rekan kerjanya dan kasus seperti ini cukup sering terjadi.

Apabila Anda adalah seorang karyawan, dan atasan Anda adalah seseorang yang kasar, menuntut banyak, tak mau mengerti, maka tingkat stress pun akan meningkat. Pekerjaan tidak lagi menyenangkan untuk dilakukan. Berbeda apabila kondisinya, kolega di sekitar benar-benar mendukung Anda, atmosfir lingkungan kerja bagus, manajer senior benar-benar etis. Dengan begitu tingkat stress yang Anda alami ketika bekerja pun akan menurun. Anda juga akan merasa lebih terlibat dalam perusahaan.

Bisa Anda lihat pada perusahaan-perusahaan yang sukses dalam membuat karyawannya selalu bahagia. Biasanya mereka lebih dapat mempertahankan staf mereka. Bahkan termasuk staf yang berprestasi. Walaupun ditawarkan gaji yang lebih tinggi, belum tentu karyawan tersebut mau pindah. Jadi memang bayaran bukanlah jaminan karyawan bahagia, masih ada hal yang lebih dari itu.

Pengembangan Karir Staf

Ada hal lain yang juga tidak kalah pentingnya terkait kebahagiaan karyawan. Hal lain tersebut yakni pengembangan karir karyawan. Apa yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk karyawan. Bagaimana perusahaan bisa membantu karyawan untuk dapat tumbuh sebagai pribadi di dalam pekerjaan. Juga bagaimana mempersiapkan karyawan untuk pekerjaan yang berikutnya.

Di sini Anda sudah mengetahui alasan-alasan apa saja yang dapat meningkatkan kebahagiaan karyawan di dalam perusahaan. Selamat mengevaluasi perusahaan Anda dan selamat mempraktekkan, semoga bermanfaat.

5/5 (1)

Please rate this