Awal Mula Virus Komputer

By | February 28, 2010
Rate this post

Beberapa tahun yg lalu, saya pernah membaca sebuah koran, di koran itu saya membaca sebuah artikel tentang pembuat virus komputer pertama,,
Tahukah anda siapa penemu atau pembuat virus komputer itu ??
Ingin tahu jawabannya, baca terus deh,,

Ternyata, berawal dari ulah seorang siswa kelas 9 pada tahun 1982, virus komputer dapat terbentuk. Dan sampai saat ini, virus masih menjadi salah satu ancaman utama dunia komputerisasi. Bermula dari keisengan tersebut, virus komputer menumbuhkan industri security yg bernilai miliaran dolar AS.

“saya memulainya sebagai sebuah gurauan. Namun, saya suka dikenal dengan cara ini,” tandas Rich Skrenta. Skrenta dikenal sebagai pembuat virus pertama di dunia. Virus karya Skrenta, yakni Elk Cloner mewabah pada 1982 dan menyebar melalui floppy disk komputer Apple II.

Apple II adalah PC (personal computer) paling dominan saat itu. Skrenta mengembangkan virus boot sector. Dengan begitu ketika pengguna Apple II dengan disket yg terinfeksi, maka puisi-puisi karya Skrenta pun tampil dilayar.

Kemunculan virus ini, ternyata membuka peluang bisnis bagi sebagian orang. Produsen solusi security komputer Syamntec Corp berdiri pada tahun 1982. Firma riset IDC memperkirakan pada saat ini industri security komputer global mampu mengeruk pendapatan USD 38 miliar per tahun.

Terciptanya virus sampai saat ini mengganggu pengguna komputer, mereka harus lebih banyak mengeluarkan biaya tambahan untuk memprotek data-data penting. Sedangkan bagi perusahaan security ini peluang bisnis yg menjanjikan.

Nah,, itulah awal mulanya virus komputer terbuat,, mudah-mudahan komputer kita tidak terkena virus yah… Tapi jangan lupa untuk menyalin data-data penting,, untuk berjaga-jaga jika suatu saat komputer kita terkena virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *