Belanja Bisa Memperpanjang Umur, Benarkah?

By | April 29, 2011
Rate this post


Siapa bilang berbelanja selalu berdampak merugikan bagi seseorang? Sebuah penelitian yang dilakukan selama 10 tahun oleh Taiwan’s National Health Research menunjukan bahwa belanja setiap hari akan membuat seseorang memiliki rata-rata persentase 25% umur yang lebih panjang dan tubuh lebih bugar.

Keuntungan yang terbesar dari berbelanja sebenarnya terdapat pada seorang pria. Wanita yang berbelanja setiap hari memiliki persentase 23% umur yang lebih panjang. Sedangkan bagi seorang pria, berbelanja dapat memberikan umur panjang sebesar 28%. Dengan demikian, pasangan Anda tidak punya alasan lagi untuk menggerutu saat menemani Anda berbelanja bukan?

Seperti dikutip dari Idiva, berikut beberapa alasan mengapa aktivitas belanja akan membuat orang memiliki umur yang panjang dan lebih sehat.

  1. Berjalan selama berbelanja

    Penelitian menunjukan bahwa berjalan kaki selama 20 menit setiap hari, dapat memperkuat jantung dan memperpanjang umur Anda. Ketika Anda berbelanja dan mengunjungi lebih dari 1 toko, Anda akan berjalan lebih dari 20 menit. Apalagi jika mencoba setiap pakaian yang akan dibeli dan membawa sendiri tas belanjaan Anda. Jangan lupa, untuk selalu mengenakan alas kaki yang nyaman saat berbelanja.

  2. Dapat meningkatkan hubungan dengan seseorang

    Banyak wanita yang lebih memilih berbelanja dengan teman atau pasangannya daripada sendirian. Hal ini dapat meningkatkan komunikasi dan lebih mempererat hubungan satu sama lain. Misalnya saja, Anda sedang memiliki masalah dengan pasangan, kemudian ia mengajak berbelanja untuk memperbaiki hubungannya dengan Anda.

  3. Membantu Anda untuk memilih barang dengan selektif

    Anda akan merasakan kepuasan tersendiri bila berhasil mendapatkan celana jeans yang sesuai dengan ukuran tubuh. Berbelanja membuat Anda mengetahui apa yang cocok dikenakan untuk diri Anda. Apalagi saat Anda berbelanja di pertokoan yang bisa ditawar. Dengan harga murah, Anda bisa memiliki barang yang berkualitas. Cara ini melatih Anda memilih sesuatu dengan selektif.

  4. Mencoba hal baru dan dapatkan kepuasan diri

    Biasanya busana yang dikenakan oleh patung etalase toko merupakan koleksi terbaru. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda untuk mencoba dan memilikinya. Mencoba mengenakan sesuatu yang baru memang dapat membuat Anda lebih percaya diri dan memiliki kepuasan tersendiri.

  5. Terhindar dari stres

    Walaupun Anda berbelanja bukan untuk diri sendiri, melainkan untuk membelikan hadiah teman, hal ini akan tetap menjadi kepuasan tersendiri bagi Anda. Secara ilmiah, belanja mengaktifkan pusat otak yang mengendalikan produksi hormon dopamin. Itulah mengapa wanita sering pergi berbelaja saat stres. Dengan hormon dopamin, Anda akan merasa lebih bahagia.

src:detik.com