Blogilicious Trah Yogyakarta

By | June 13, 2011
Rate this post

Setelah 2 hari diadakan event blogilicious di yogyakarta pada tanggal 11-12 juni 2011, Alhamdulillah bisa mengikuti dari awal hingga akhir. Walaupun masih banyak yang belum aku mengerti tapi sangat puas dengan acara Blogilicious Trah Yogyakarta. Banyak ilmu yang aku dapatkan dari sana, mulai dari tips blogging, etika blogging, ilmu seo, security dan bahkan bagaimana mendapatkan uang dari blog juga aku dapatkan dari sana, yang lebih mengesankan lagi adalah aku mengikuti Blogilicious Trah Yogyakarta itu setelah di approve menjadi member IBN.

blogilicious

Untuk teman yang aku dapatkan ketika menghadiri Blogilicious Trah Yogyakarta memang belum begitu banyak karena aku sendiri masih minder dengan blogger-blogger yang hadir disana pastinya sudah master-master. tapi yang membuatku semakin percaya diri adalah disana bukan saling menggurui tapi adalah sharing dan berbagi pengalaman, Blogger yang lebih awal menggeluti dunia blogging tentu jauh lebih berpengalaman dan pengalamannya tersebut dibagikan ke blogger-blogger yang lain.

Selain berbagi pengalaman ilmu, juga berbagi pengalaman memonetize blog yang di prakarsai oleh IdBlogNetwork sendiri. karena aku baru masuk menjadi anggota IBN dan termasuk blogger newbie, jadi aku belum mampu merasakan manisnya monetize blog dari IBN, tapi yang aku dapatkan jauh lebih manis yaitu “ILMU”. ilmu bahwa sebelum memikirkan memonetize blog masih ada banyak hal yang harus dipikirkan terlebih dahulu salah satunya adalah membangun kepercayaan dan kualitas blog itu sendiri. selain SEO, kualitas content juga penting untuk dipelajari.

Jadi selain mempelajari SEO, security, tips blogging, dan bahkan otak-atik template/themes agar tampilannya bagus, masih ada satu lagi yang perlu dipelajari yaitu menulis. menulis bukan berarti posting/update artikel secara teratur, tapi yang ditekankan menulis disini adalah menulis content dengan tulisan sendiri (bukan copas), jadi itulah yang dimaksud conten berkualiatas. tidak bisa menulis, tulisan jelek atau gaya bahasanya rancau, itu tidak cukup untuk alasan bahwa kita harus update posting dengan copas, karena apapun yang tidak bisa dan menjadi bisa itu berawal dari belajar dan mencoba.

Dan satu lagi kesimpulan yang aku dapatkan dari Blogilicious Trah Yogyakarta, jangan merasa rugi jika kita ngeblog gak dapat duit karena ngeblog bukanlah lapangan pekerjaan yang menjanjikan semua pendaftar digaji. digaji atau tidak itu berangkat dari diri kita, apakah kita sudah layak mendapatkan balasan atau belum, apakah sudah ada yang bisa dijual dari kreasi kita atau belum, apakah sudah ada yang mempercayai kita atau belum. Mendapatkan Uang sungguh menyenangkan, tapi jika belum bisa mendapatkan uang berlatihlah dari mereka yang mendapatkan uang itu bermodal apa. Ingat, dibalik kekurangan pasti ada kelebihan, terkadang apa yang tidak bisa dilakukan senior bisa dilakukan oleh junior.

Kalau untuk aku pribadi dari Blogilicious Trah Yogyakarta kemarin, aku mendapatkan pengembangan pemikiran bahwa aku yang ngeblog karena hobby, selama ini hanya melakukan :

  • Suka googleing karena untuk mengobati rasa ingin tahu,jika ada artikel menarik dan bisa mengobati rasa ingin tahu biasanya aku copas dan diposting diblog aku.
  • Update posting (copas dari mana aja terus dirangkai kembali yang kebanyakan tanpa menyebutkan sumbernya).
  • Hanya sibuk otak-atik template dan tapilan, karena aku selalu merasa bahwa istri tetangga itu lebih cantik dari istriku (maksudnya tampilan blog temanku lebih bagus dari tampilan blogku).
  • Suka mempelajari trik-trik seo di banyak blog yang sebenarnya intinya sama.

Kini aku bisa berfikir bahwa yang aku lakukan itu semua BENAR, dalam artian benar jika masih dalam tahap belajar dan belum tahu etika ngeblog. tapi setelah mendapat pencerahan dari Blogilicious Trah Yogyakarta kemarin aku menyadari bahwa jangan membuang-buang waktu mempelajari ilmu seo dan desain blog secara berlebihan (kalau sudah merasa cukup ya sudah) tapi lebih utamakan belajar menulis dengan karya sendiri.

Mungkin cukup itu saja unek-unek yang bisa aku tuangkan ke tulisan ini, dan terima kasih buat Blogilicious Trah Yogyakarta yang diprakarsai oleh IdBlognetwork yang telah menyadarkanku untuk belajar menulis walaupun satu kalimat. Semoga visi mengajak anak muda Indonesia menjadi “positive blogger” tercapai.

4 thoughts on “Blogilicious Trah Yogyakarta

  1. Rizkyzone

    pasti seru yah acaranya disana, pengen ikutan tapi kok y jauh amat yah mas

    Reply
  2. ajurNA

    Ryzkyzone : iya mas seru banget, ada sekitar 200 blogger yang hadir. ya kapan2 aja kalau sudah sampai di jatim lagi.hehe
    @andre: hehe, kemarin gak ambil foto satupun mas, soalnya gak punya jepretan. oke salam kenal juga

    Reply
  3. dHaNz

    Salam kenal mas… IBN memang pilarnya blogger, gak salah acaranya di 7 kota besar termasuk jogja…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *