Cara Membuat Hiren Bootable Flashdisk

By | June 15, 2012
Rate this post

Cara Membuat Hiren bootable flashdisk, “Hiren Bootable CD” adalah senjata wajib bagi teknisi komputer ataupun laptop. dengan satu keping CD sudah memuat banyak aplikasi dan sudah mampu menjawab banyak masalah troubleshoot pada komputer. Namun seiring perkembangan zaman, ada yang tidak bisa melakukan booting dengan CD seperti netbook 10 inc yang tidak ada CD ROOM internalnya, kalau untuk ternisi tentunya punya cadangan CD ROOM external atau CD ROOM internal yang sudah dimodifikasi untuk netbook.

Tapi untuk teknisi amatiran seperti ajurna ini, bisanya mencari yang praktis dan tidak banyak mengeluarkan dana. waktu install OS di netbook memilih install via flashdisk daripada beli CD ROOM external. kali ini untuk bermain Hiren juga lebih memilih Hiren bootable flashdisk daripada menunggu ada CD ROOM nganggur.

Untuk membuat Hiren bootable flashdisk sangat mudah, berikut langkah-langkahnya :

  1. Siapkan bahannya dulu. (usb format, grub4dos, Hiren)
  2. Pertama jalankan aplikasi “usb_format” untuk memformat flashdisk kamu. jadi silahkan backup dulu file didalam flashdisk kamu ke hardisk komputer.
  3. Pilih flashdisk USB Anda di bagian “Devices”. Pilih File System “FAT/FAT32”, tulis nama flashdisk kamu di “Volume label”, dan klik Start.
  4. Akan muncul konfirmasi silahkan klik Yes, dan tunggu beberapa saat hingga format selesai.
  5. Jalankan aplikasi kedua “grub4dos”, Dobel klik ‘grubinst_gui.exe’.
  6. Pilih Disk Anda, pastikan Anda memilih flashdisk dengan benar (erhatikan pada ukuran space nya). Klik pada tombol Refresh Part List, kemudian pilih Whole Disk(MBR). Mulai proses pemasangan Bootloader pada flashdisk dengan mengklik Install. Tunggu beberapa saat Hingga selesai.
  7. Kalau sudah selesai, Copy file ‘grldr’ dan ‘menu.lst’ dari folder “grub4dos” ke Flashdisk USB kamu. File ini merupakan kombinasi Bootloader untuk mengarahkan proses booting ke flashdisk.
  8. Copy semua file yang ada di “Hiren Boot CD” ke dalam Flashdisk.
  9. Selesai, silahkan dicoba dengan booting via USB Flashdisk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *