Cara Pasang ssl https untuk Website Pribadi

By | January 25, 2017
Cara Pasang ssl https untuk Website Pribadi
5 (100%) 1 vote

Penggunaan ssl atau yang sering disebut https untuk website atau blog bukan lagi hal yang langka, sekarang sudah banyak website non ecommerce yang sudah menggunakan ssl, bahkan blog pribadi pun banyak yang menggunakan.

Sebenarnya untuk apa ssl itu, dan bagaimana mendapatkannya?

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, yaitu teknologi standard keamanan yang membuat koneksi terenkripsi antara web server dan browser pengjunung situs. Dengan begitu, data yang ditransfer melalui internet berbentuk enkripsi sehingga lebih aman. Teknologi ini awalnya digunakan oleh situs-situs transaksi untuk melindungi data.

Sekarang SSL harganya sangat terjangkau, harganya lebih murah dari harga domainnya sendiri, bahkan ada yang menyediakan SSL gratis dari pihak hosting. Selain itu ada layanan SSL gratis seperti yang disediakan layanan CDN terbesar cloudflare.com

Untuk cara mendapatkannya bisa langsung mndaftar dan menggunakan layanan dengan paket free sudah mendapatkan layanan ssl gratis untuk website pribadi.

Selain itu, untuk yang berbayar namun dengan harga yang murah adalah :

  • SSLS: https://www.ssls.com/
    Di sini PostiveSSL Single domain seharga $4.99 pertahun untuk pembelian 3 tahun, jadi totalnya $14.97, jika memiliki banyak domain bisa ambil yang Multi domain seharga $25.98 pertahun untuk pembelian 3 tahun, jadi totalnya $77.94. Cukup murah kan, ini adalah layanan miliknya namecheap, jadi untuk reputasi sudah lebih terjamin.
  • GoGetSSL: https://www.gogetssl.com/
    Di sini lebih murah kalau pakai sertifikat merek SSL mereka (GGSSL) yang cuma $3.22 pertahun untuk pembelian 3 tahun, totalnya jadi $9.65, juga ada yang free untuk 1 tahun.

referensi : https://servernesia.com/2540/sertifikat-ssl-termurah/

Seberapa penting kah SSL untuk website pribadi / non website ecommerce?

Saya kemarin ambil pas blackfriday dapet $0.88 pertahun di namecheap, tapi masih belum yakin dengan kegunaannya kalau jika dipasang pada blog pribadi, entah untuk SEO ngaruh atau tidak. Beberapa waktu lalu sempat saya pasang di ajurna.net tapi ketika pindahan hosting jadi ribet. Dan pas ssl dilepas, semua link di dalam postingan jadi error karena link-nya menggunakan https, URL gambar pun juga tidak ditemukan sehingga gambar tidak tampil.

Jadi setelah pindah hosting, ssl nya tidak saya aktifkan lagi dan untuk URL di google yang sudah index https saya redirect menggunakan .htaccess