Efek Negatif Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

By | September 19, 2012
Rate this post

Di jaman modern ini, laptop sudah merupakah perangkat penting untuk mendukung aktivitas kita. Di saat kita sedang beraktivitas dengan laptop dan kemudian baterai habis, tentu akan repot jika kita harus menghentikan aktivitas kita di laptop untuk mencharge baterainya. Kebanyakan orang mencharge laptopnya sambil mengoperasikan laptop. Tetapi di samping itu, banyak sekali timbul opini dari orang-orang bahwa bermain laptop sambil charge dapat membuat baterai cepat drop dan kembung. Tetapi ada juga pendapat yang mengatakan justru kalau bermain laptop langsung dari listrik tanpa menggunakan baterai justru merusakkan perangkat-perangkat laptop.

Sebenarnya keduanya tidak salah, tetapi perlu di ketahui kalau bermain laptop tanpa menggunakan baterai dan langsung dari listrik justru berdampak lebih fatal. Jika menghidupkan laptop langsung dari listrik dan tanpa baterai, listrik akan langsung menuju ke hardware tanpa melakukan penyesuaian tenaga, sehingga hardware menerima tegangan listrik yang berlebihan dan mempercepat kerusakan. Selain menyimpan daya, baterai juga menyesuaikan arus yang masuk ke komponen agar tidak terlalu tinggi.

Selain itu, jika terjadi mati lampu dan listrik PLN yang tidak stabil, tentu sangat membahayakan motherboard dan hard disk. Lebih baik baterai laptop yang mengalami kerusakan dari pada motherboard ataupun hardisk yang harganya lebih mahal di bandingkan baterai. Lagi pula kinerja baterai laptop biasanya akan menurun di usia 2-3 tahun.

 

Berikut lebih jelasnya bahaya-bahaya menggunakan laptop tanpa baterai :

  • Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen-komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.
  • Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot tetapi menggunakan stabilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen di dalam laptop tanpa melalui penyesuaian tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).
  • Kalo misalkan listrik tiba-tiba mati dan laptop anda juga ikut mati mendadak, dan hal itu terjadi beberapa kali efeknya adalah Hard Disk, RAM, Processor bisa rusak.
  • Sebelum mati listrik pun laptopmu sudah terancam duluan, karena kalo listrik tempat kita colokin adapter gak sehat, maka listrik tersebut bakal merusakhardware laptop secara langsung, jelas masih mending pasang baterei, karena paling buruk baterainya aja yang ngedrop ketimbang hardware lainnya yang mati.

 

Melepas baterai hanya untuk bila laptop tidak digunakan lebih dari 3 hari. Baterai juga bisa di lepas jika pemakaian lebih dari 12 jam nonstop, dengan socket listrik yang menempel. Kalo hanya untuk pemakaian sehari-hari sebaiknya memakai baterai, buat menghindari kehilangan data dan kerusakan system apabila listrik mati tiba-tiba. Baterai yang terpasang juga melindungi hardware dan juga modul-modul hardware lainnya dari lonjakan listrik yang ekstrim, misalnya akibat ada petir yang menyambar.

Karena itu, sebisa mungkin jangan melepas baterai dari laptop anda. Sebab, selain menyimpan daya,baterai juga bertindak menyesuaikan arus listrik yang masuk ke komponen-komponen laptop agar tidak berlebihan.

 

Sumber : norma07dp.wordpress.com

8 thoughts on “Efek Negatif Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

  1. honeylizious

    makasih banyak nih informasinya, dulu suka melakukannya pada laptop pertama saya. tapi sekarang udah punya netbook dan tidak pernah melakukannya karena takut hardware yang rusak 🙂

    Reply
  2. achmad

    adaptor laptop memakai system swicthing circuit, jd tegangan out nya pasti stabil dan terbatasi arusnya jg (walaupun tegangan listrik turun naik). jd jarang terjadi kelebihan tegangan dan arus. sy sdh 7th menyalakan laptop tanpa batrey, alhamdulillah oke2 sj tuh. Kl masalah listrik mati secara mendadak memang harus diantisipasi. Yang sering rusak kl hal tsb terjadi adlh hardisk, krn ketika laptop mati secara mendadak hardisk tdk kembali ke posisi track 0. jdnya sering macet krn head hardisk mandeg di tengah2. kl RAM dan processor kayaknya jarang deh….

    Reply
  3. Ady Miracle

    thx gan..
    mendingan batre yg kena dr pd hardisk processor RAM motherboard yg kena…bahaya duit sekejap ilang
    karuan buat makan

    Reply
  4. excal

    mending yg kena mother board nya, murah belinya daripada baterai mahal, harga baterai itu 1/3 harga laptopnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *