Kritik, saran, review, promosi ataukah testimonial

By | August 18, 2011
Rate this post



Dewasa ini, dunia maya bukanlah hal yang aneh bagi masyarakat. Online mulai dari blog dan website, chatting, sosial bookmark, toko online, dan searching untuk mencari sesuatu. hal yang dicari pun beragam, ada yang masalah pendidikan, sekedar enjoy, berita harian, dan bahkan ada yang mencari informasi produk atau layanan jasa. dan itu semua media yang digunakan mengarah ke informasi digital berupa tulisan yang tersimpan di internet yang sering kita sebut BLOG atau WEBSITE.

Ada blog yang memiliki satu tema pembahasan, ada blog yang membahas beberapa tema, ada pula blog yang membahas tulisan curhat pribadi, dan ada pula blog yang bertuliskan karya pribadi yang digunakan untuk mencari rezeki atau istilah kerennya paid to review. dari macam-macam blog bermacam-macam pula jenis artikel yang terkandung di blog tersebut, ada yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, ada yang ditulis berdasarkan layanan suatu produk (testimonial) ini bisa berupa kritik, saran, atau pujian, ada pula yang berisi informasi detail suatu produk (review) dengan kemauan sendiri, dan ada pula promosi produk yang biasanya atas permintaan pemilik produk ke admin blog.

Sebagai bloggger newbie, saya sendiri juga masih belum tahu apa ciri-ciri review produk yang berbasis promosi dan review produk berbasis testimonial (pujian). padahal menurut saya kedua kriteria itu sangatlah jauh berbeda. yang pertama memberi ulasan baik mengenai produk karena dibayar dan yang kedua memberi ulasan baik mengenai produk karena puas berdasarkan pengalaman menggunakan produk tersebut.

Jadi, bukan semua artikel yang mengagungkan suatu produk itu adalah promosi. sebagaimana tulisan saya yang lalu mengenai Paket Unlimited Baru XL,49 Ribu Per Bulan, itu bukanlah promosinya pihak XL yang membayar saya, tapi itu tulisan yang saya tulis karena kemauan sendiri sebagai informasi bahwa layanan XL baru dan lebih murah, mungkin ada khalayak yang belum tahu dengan layanan tersebut maka aku tulis supaya teman blogger yang sudah berlangganan XL 99 rb per bulan tahu dan jika berminat supaya mencoba.

Silahkan anda mencari informasi di internet dan kalau bisa jangan hanya satu sumber supaya anda benar-benar yakin dengan apa yang anda cari, selain itu lihat juga tanggal postingnya apakah sudah lama atau masih baru karena jika sudah lewat beberapa tahun terkadang informasi tersebut sudah tidak berlaku atau sudah habis masa promo. Informasi di internet hanyalah sebagai pertimbangan dan pendapat dari banyak orang, keputusan terbaik adalah ditangan anda sendiri, jadikan pendapat orang lain sebagai pertimbangan saja.

Selamat menunaikan ibadah puasa.

6 thoughts on “Kritik, saran, review, promosi ataukah testimonial

  1. Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot

    walopun blog saya blog pribadi, namun saya share tentang blog tutorial atau blog seo. Alhamdullilah cukup dikuasai.

    Reply
  2. Dhana/戴安娜

    salam sahabat
    itulah dunia netter mas pasti dijumpai dengan beragam atraksi yang mereka tunjukkan hehehe
    disisi lain yang utama kita harus mengakui kalau BLOG MEMILIKI KREASI TERSENDIRI dengan tujuan saling berbagi yang menfaat itu saja komentar saya hehehe

    Reply
  3. ajurNA

    @Daw-XP: bagus kalau gitu mas, semoga bisa terus berkreasi dengan experimen-experimennya.
    @Dhana: yupz, dengan blog kita bisa berkreasi, syukur-syukur kalau bermanfaat bagi orang lain,hehe.terima kasih sudah mampir di blog ajurna dan menyempatkan untuk berkomentar.

    Reply
  4. ada-akbar.com

    Benar2..
    dan informasi jika bermanfaat untuk disebarkan tentunya akan mendapatkan pahala bagi yang mw berbagi

    Reply
  5. Majalah Masjid Kita

    kebetulan saya juga pake xl mas.. keren mas 🙂 !!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *