Membuat Server Adhoc (Remote Laptop dengan Laptop)

By | June 16, 2012
Rate this post

Remote Laptop dengan laptop atau yang sering disebut membuat server adhoc dengan jaringan wifi ternyata sangat rumit. berikut langkah-langkahnya jika kamu ingin mencobanya :

  1. Siapkan dua laptop dengan OS XP atau Seven dan kondisi wifinya bagus.
  2. Setting IP pada wireless network disetiap laptop. klik Change advanced setting.Pada menu “General”, Pilih Internet Protocol (TCP/IP) dan klik Properties.


  3. Setting IP address dan subnet masknya, (laptop 1 :192.1681.5 – laptop 2 : 192.168.1.3), jangan lupa klik Ok kalau sudah selesai.

  4. Pada laptop 1 : Pindah ke menu “Wireless Networks” (sampingnya General) dan pilih add.Pada Network name (SSID), isi dengan nama yang kamu inginkan. Pada Network Autentication pilih Open. dan pada Data Encryption pilih Disable. Centang juga pada “This is computer-to-computer(ad hoc) network”. setelah itu klik OK dan OK sampai semua jendela settingan tertutup semua.

  5. Pada Laptop 2 : Setelah itu lihat di “wireless network connection”. pastikan wifi dengan nama yang kamu buat di laptop 1 tadi terdeteksi. kalau belum silahkan refresh, kalau sudah terdeteksi silahkan koneksikan.

Kalau kedua laptop sudah terkoneksi, kita lanjutkan dengan membuat salah satu laptop tersebut sebagai “Server” dan satunya lagi sebagai “Viewer/peremotnya”.

  1. Pada Laptop 1 (Server) : Buka program Hiren, klik program >> Remote Control >> TightVNC >> Server. change primary password, masukkan password dan juga konfirmasi password, klik OK dan OK lagi.

  2. Pada Laptop 2 (Viewr) : Buka program Hiren, klik program >> Remote Control >> TightVNC >> Viewer. masukkan IP yang dituju/IP Server (192.168.1.5), klik oke dan masukkan password yang tadi disetting pada laptop 1 (laptop Server).

  3. Kalau berhasil, maka akan otomatis muncul window baru yaitu layar laptop server yang siap kita remote sesuka kita. mau copy data ataupun hapus data bisa dilakukan.