Mencari Uang dari Internet dengan Google Adsense

By | September 18, 2011


Lagi-lagi banyak yang bertanya untuk apa memiliki blog, apa manfaatnya? dan kalau bisa untuk mencari uang bagaimana cara menghasilkannya. pendapatan perbulannya berapa, apakah cukup untuk membeli pulsa sebagai ganti rugi akses internet, atau bahkan bisa setara dengan gaji bulanan pegawai negeri sipil (PNS).

Jujur saja kalau aku ditanya begitu aku juga masih belum yakin menjawabnya Punya blog untuk penghasilan. karena aku juga belum pernah mendapat penghasilan dari ngeblog berupa material. yang sudah aku rasakan dari kegiatannku ngeblog barulah sebatas rasa puas, bangga, dan bertambah teman dan wawasan. Aku sendiri sudah punya account Google Adsense, tapi belum bisa mengoptimasi, hanya sebatas tahu dan mempelajari sedikit.

Dan sedikit saya singgung di atas yaitu salah satu cara yang populer dan mudah dijelaskan bagi pemula untuk menghasilkan uang adalah memasang iklan di blog kita dan jika ada yang klik iklan itu maka kita dapat duit atau sering disebut pay per klik (PPC), salah satu yang terkenal dengan pendapatan besar adalah Google Adsense. tapi menurutku bermain Google Adsense bukanlah hal yang mudah untuk pemula. dilihat dari ketatnya seleksi pendaftarannya yang banyak ditolak google adsense dan juga nilai per kliknya menyesuaikan dengan tema blog yang kita miliki.

Inilah salah satu ilustrasi :

Katanya nilai per klik diatas $1, tapi kenapa banyak yang merasakan (termasuk saya) kalau kliknya kecil sekitar $0,01. maka 10x klik cuma $0,10. Apakah nilai klik $1 atau bahkan $10 per klik hanyalah kabar bohong.

Setelah ditelusuri dan dipelajari lebih jauh ternyata adsense nilai kliknya tidak sama rata. tapi dia bervariasi berdasarkan keyword pemasang iklan. ada pemasang iklan yang memberi nilai klik $5 per klik tapi juga ada pemasang iklan yang memberi nilai $0,01 per klik. dan rata-rata yang muncul di blog berbahasa indonesia adalah iklan yang nilai kliknya kecil tersebut.

Terus bagaimana untuk mendapatkan atau supaya iklan yang tampil di blog kita adalah iklan bernilai klik besar? Nah, itulah yang belum aku tahu. tapi kata teman-teman di forum sebelah kita harus memasang Google adsense kita itu di blog berbahasa inggris dengan traffict yang didominasi dari luar negeri. Apakah trik itu akurat aku juga belum mencoba karena aku sendiri sangat minim kemampuannya dalam berbahasa inggris.

Untuk sumuanya yang masih ingin mencari uang dari internet lewat blog dengan memanfaatkan Google Adsense, tidak semudah dan waktu sesingkat yang kalian angan-angankan. jangan hanya melihat kesuksesan mereka saat ini, tapi lihat juga butuh proses berapa lama mereka mendapatkan itu semua. ya, kurang lebih ibarat seorang PNS yang menempuh pembelajaran di bangku kuliah dan mengikuti pelatihan-pelatihan lainnya.

Good luck buat yang masih semangat nge-Blog baik dari latar belakang hobby maupun mencari dollar. Jangan mudah putus asa mempelajari misteri Google Adsense.

Please rate this

8 thoughts on “Mencari Uang dari Internet dengan Google Adsense

  1. Riffrizz

    Alhamdulillah yah.. saya sudah beberapa kali mendapat jatah dari si embah 😉

    Reply
  2. Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia

    sekarang banyak yang tergila-gila dengan adsense. padahal ladang dollar di dunia maya tidak hanya dari adsense. PTR jg menjanjikan

    Reply
  3. ajurNA

    @Riffrizz: ea mas, saya mungkin bulan depan bisa PO mas.hehe

    @mubaroki: betul mas, seiring berjalannya waktu PTR juga menjanjikan, apalagi PTR lokal (IBN) itu yang tidak mengharuskan blog berPR tinggi.tapi untuk PTR luar, biasanya mensyaratkan PR tinggi dan reviewnya berbahasa inggris. itu sangat sulit dilakukan untuk pemula.

    Reply
  4. TituitBom

    hihihi, saya juga masih cari peruntungan dengan adsense.. semoga bisa cair yah.. ehehhe

    Reply
  5. TEAK 123 best teak garden furniture manufacturer wholesale in indonesia

    berkali2 akun saya di ban mbah krn bandell
    jd malas dulu skrg ne,,

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*