Meningkatkan Keimanan Menyambut Bulan Ramadhan

By | July 16, 2011

Sebentar lagi ramadhan telah tiba, tapi apakah kita sudah siap dengan untuk mnjalani aktifitas di bylan ramadhan yang biasanya lebih padat dari bulan-bulan lainnya. ajurna sendiri masih sangat kacau pikirannya menghadapi bulan ramadhan ini. entah kenapa yang jelas ada saja masalah silih berganti yang membuat hati ini selalu GUNDAH GULANA. apakah mungkin karena di bulan ramadhan tersebut setan-setan dibelenggu maka dipuas-puaskan menggoda manusia dibulan sebelum ramadhan ini.hehe

Oke mari kita tata kembali keimanan kita untuk menyambut bulan suci ramadhan ini. karena ajurna juga kurang pandai soal agama, maka kemarin tanya-tanya kepada yang lebih tahu dan dapat jawabannya yang kemungkinan masih berat untuk aku lakukan. Berikut ini beberapa Tips meningkatkan keimannan kita untuk menyambut bulan ramadhan :

  1. Perbanyak dzikir.
    Menyebut nama Allah dalam segala keadaan; susah, senang, punya duit, tidak punya duit, dsb. Dengan memperbanyak dzikir, kita akan selalu merasa dekat dengan-Nya. Ketika kita merasa dekat dengan Sang Maha Kuasa, maka kita akan diliputi energi positif yang akan menggerakkan kita kepada hal-hal yang positif juga. Kalau sudah demikian maka segala urusan juga akan berjalan dengan lancar.
  2. Bertafakkur, merenung, berkontemplasi mendalami makna kehidupan
    Janganlah kita membiasakan diri untuk cuek atau acuh tak acuh terhadap segala sesuatu yang terjadi pada diri kita atau pada lingkungan sekitar kita. Yakinlah bahwa semuanya tidak terjadi secara kebetulan namun telah diatur sedemikian rupa oleh Sang Khaliq. Dengan bertafakkur kita akan mendapatkan makna dari setiap kejadian. Bahkan dari sesuatu yang menyedihkanpun kita bisa mengambil hikmah sehingga mampu mensikapinya secara positif.
  3. Perbanyak tilawah Al-Qur’an.
    Seperti yang telah kita ketahui bahwa Al-Qur’an merupakan mu’jizat terbesar nabi Muhammad SAW. Ia merupakan sumber segala sumber ajaran Islam. Keasliannya akan selalu terjaga karena Allah sendiri telah berjanji untuk menjaganya. Membacanya saja akan mendatangkan pahala apalagi kalau kita memahaminya dengan sepenuh hati kemudian mengamalkannya. Untuk tahap dasar, kita bisa memulai dengan rutin membaca Al-Qur’an setiap hari, baru kemudian kita belajar untuk mendalami maknanya. Bagi anda yang belum bisa membaca Al-Qur’an belajarlah sekarang juga. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Dan ingat, belajar membaca Al-Qur’an itu sangat mudah loh.
  4. Qiyamullail atau Sholat Tahajjud.
    Sudah banyak penelitian yang dilakukan terkait Sholat Tahajjud ini. Dan terbukti (bahkan secara medis) ia memiliki kekuatan dahsyat untuk kesehatan (jasmani dan rohani) kita. Allah sendiri telah menjanjikan kedudukan mulia bagi hamba-Nya yang melaksanakan Sholat Tahajjud. Anda yang belum pernah melaksanakannya silahkan coba mulai saat ini juga. Pertama akan terasa berat memang tapi untuk seterusnya anda akan kecanduan untuk melaksanakannya karena sudah merasakan efek positifnya.
  5. Bergaullah dengan orang yang sholeh.
    Tapi jangan diartikan memilih-milih teman loh. Sebenarnya anda bisa bergaul dengan siapa saja bahkan dengan penjahatpun anda boleh bergaul (sekedarnya saja) namun anda harus memiliki teman dekat yang sholeh, yang baik-baik, yang akan membuat anda menangis karena menyadari bahwa anda banyak melakukan dosa, dan yang akan selalu mengajak anda kepada kebaikan.
  6. Menjaga mulut dari yang tidak berguna.
    Ya… tepat sekali. Marilah kita hilangkan kebiasaan berbicara yang tidak ada manfaatnya. Ngrumpi, ngegosip, menggunjing orang lain, dll hanya akan membuang waktu kita secara percuma dan akan menggerus kekuatan spiritual kita.

Sebenarnya tulisan ini aku tujukan untuk diri saya sendiri karena saya sadar masih belum bisa konsisten untuk melaksanakan kegiatan di atas, sehingga perlu saya posting di sini untuk memotivasi diri saya sendiri agar bisa memperbaiki kebiasaanku yang terlalu banyak menghabiskan waktu didunia online.

rsc:http://cerita.ajurna.net/2009/11/cara-meningkatkan-keimanan.html

Please rate this

9 thoughts on “Meningkatkan Keimanan Menyambut Bulan Ramadhan

  1. Ladida

    setidaknya jgn hanya di bulan puasa saja, semoga menjadi kebiasaan utk bulan2 yg lain 🙂

    Reply
  2. ajurNA

    iya mbak, eh mas maksudnya.hehe

    semoga kebiasaan di bulan puasa ini bisa lanjut ke bulan2 berikutnya.

    Reply
  3. Blog SEO DAW - XP | Tutorial Blogspot | Belajar SEO Blogspot

    Yupz bener kata mas ladida, kita jangan hanya terpaku pada bulan puasa. Di hari lain pun kita wajib melakukan hal-hal di atas. 🙂

    Reply
  4. blogger pemula

    mudah2n kita semua diberi umur dan bertemu bulan yang penuh magfirah,, amiin

    Reply
  5. Reza Saputra

    kelihatan sangat sulit dilakukan namun sangat mudah apabila di dasari dengan niat yang kuat dan ikhlas 😀

    Reply
  6. ajurNA

    @Dawx-XP: iya mas, walaupun berat tapi kalau dijadikan kebiasaan akan terasa mudah, tapi ini masih memang terbiasa internetan daripada melakukan hal-hal diatas.
    @bp: amiiin. semoga aja.
    @Reza: mas reza ini pasti udah sering mempraktekkan ya…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*