Pandangan Warnet Dulu dan Sekarang

By | January 26, 2012

Warnet adalah singkatan dari Warung Internet, yaitu tempat sewa internet dengan biaya per jam. Dulu, Orang-orang menganggap bahwa orang yang sering ke warnet adalah orang pintar, tahu masalah teknologi khususnya internet. karena bisa mencari apapun dari internet (warnet) tinggal ketik apa yang dicari sudah ketemu, mulai dari tugas sekolah, kantor, ibu-ibu rumah tangga, dll. bisa chating dengan orang di luar kota bahkan di luar negeri tanpa biaya (pulsa), bisa download film atau lagu gratis hanya biaya sewa warnet (lebih murah dari pada beli di toko). Jadi, warnet mempermudah masyarakat kecil, menengah dan bahkan masyarakat kota. Bahkan banyak yang bilang (masyarakat awam) sungguh mulia orang yang menyediakan jasa warnet karena sangat menunjang kegiatan belajar dan kemajuan anak sekolah khususnya.

Penilaian warnet jaman sekarang.

Tapi seiring perkembangan zaman, warnet tak seindah itu. banyak warnet-warnet yang sekarang bukan untuk belajar mencari artikel atau bahan pembelajaran, tapi digunakan untuk ngrumpi online (nggosip di dunia maya bersama teman) dengan melalui jejaring sosial semacam fa*ebook. disitu mudah sekali kalau mau membicarakan keburukan dan kejelekan orang lain tanpa kita sadari menghabiskan waktu beberapa jam.

Selain tempat gosip, ada juga ke warnet untuk bermain Game Online. bermain game bukan hanya dari satu komputer, tapi bisa bermain game dengan pemain di luar kota atau luar negeri. Kalau sudah menemukan lawan main yang cocok dengan permainan yang seru, waktu 2 jam serasa 20 menit. dan yang lebih memprihatinkan lagi ada yang memanfaatkan sebuah warnet untuk ketemuan kawula muda mudi, atau lebih dikenal tempat pacaran dengan alasan belajar mecari tugas bersama temannya.

Sebaiknya warnet itu seperti apa?

Menurutku, warnet itu sebaiknya tidaklah terlalu tertutup, apalagi bilik per komputer dikasih pintu itu sangat berbahaya atau bahkan sangat memberi kesempatan bagi muda-mudi yang masuk berdua untuk melakukan hal yang tidak baik. Susah memang kalau mengembalikan manfaat warnet seperti dulu yaitu warnet adalah tempat belajar atau perpustakaan online. karena kemajuan zamanlah yang menuntut kita untuk berkembang. apakah lebih baik tidak mengenal teknologi saja supaya tidak terjerumus begituan? bukan begitu maksudnya, mengenal teknologi harus tapi kita ambil positifnya saja.

Mungkin lebih baik mari kita tekankan kepada diri kita masing-masih, Kitalah yang bisa menjaga dan memilih mana yang terbaik untuk diri kita sendiri. Perkembangan teknologi memudahkan kita untuk belajar, bekerja, dan berinteraksi dengan orang lain yang jauh, tapi juga memudahkan kita melakukan maksiat secara halus yang mungkin tidak kita sadari. tapi kalau tak mengenal teknologi kita akan tertinggal dan bahkan bisa-bisa dijajah oleh mereka yang pintar teknologi.

Sebenarnya masih banyak cerita dari sebuah Warnet, tapi itu sajalah secara garis besarnya. selebihnya biarlah Anda cari tahu sendiri.

Please rate this

4 thoughts on “Pandangan Warnet Dulu dan Sekarang

  1. Arief Rachmadi

    woo iya gan, betul banget malah kalau warnetnya dikasih bilik, bisa buat mesum tuh, kalo gag downlod film biru. . Kalo berdampingan tanpa bilik kan. Pada malu klo buka situs warm

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*