Pengertian Hosting dan Domain

By | March 19, 2011

Hosting

Hosting adalah sebuah tempat untuk menyimpan data-data di internet (dunia maya) baik berupa tulisan, gambar ataupun file-file lainnya.hosting ada yang berbayar, dan juga ada yang gratis. kalau kamu masih dalam tahab belajar sebaiknya menggunakan hosting yang gratis agar lebih hemat. untuk yang berbayar harganya berfariasi. biasanya harga dikelompokkan berdasarkan kapasitas. semakin banyak kapasitasnya featurnya juga lebih banyak.

walaupun sering disebut pembelian hosting, tapi kita tidak bisa memilikinya selamanya atau lebih enaknya disebut dengan sewa. yaitu sewa hosting dengan kapasitas sekian dalam waktu sekian bulan. setelah masa aktif sewa hosting tersebut habis bisa diperpanjang ditempat yang sama pula, tapi jika tidak diperpanjang dan sudah expired maka account hosting kita tidak bisa diakses lagi.otomatis data kita yang tersimpan didalam hosting yang kita sewa tersebut juga akan hilang.

Domain

Domain adalah alamat url website sebagai pengganti format deretan angka dari alamat IP client server hosting tempat file web diletakkan. jadi untuk hosting dan domain saling berikatan. tidak akan jalan jika salah satu tidak terpenuhi.domain juga sama dengan hosting dalam sistem pembeliannya, walaupun dikatakan membeli tapi tidak selamanya kita miliki, ada batasan sampai berapa tahun kita menyewa domain itu. contoh domain “.COM, .NET, .ORG, .web.id, .co.id, .or.id, dll”.

domain juga sama halnya seperti hosting, ada yang gratis, dan ada yang berbayar. yang berbayarpun juga bervariasi harganya. untuk yang gratis yang saya tahu adalah co.cc. kalau berminat silahkan mencoba kunjungi www.co.cc . untuk yang berbayar juga banyak variasinya. kalau yang Top Level Domain (TLD) seperti .com .net .org berkisar berkisar Rp 85.000 – 95.000 atau sekitar $9-$10. kalau www.ajurna.NET kemarin saya beli $9.8 selama setahun (14 bulan yang lalu) dan sudah saya perpanjang lagi.

ada tiga variasi domain yang saat ini sudah sering digunakan.

  • Domain : contoh http://www.ajurna.net/
  • SubDomain : contoh http://blog.ajurna.net/
  • Subdirectory : contoh http://www.ajurna.net/tokoonline

Jadi hosting atau domain yang harus didahulukan ketika membelinya? kalau menurut ajurna adalah domain. karena ketika membeli hosting kita harus memasukkan domain yang akan digunakan untuk masuk ke control panel hosting kita. kalau kita membeli / registrasi domain dan hosting dalam satu perusahaan, maka langkah awal memilih nama domain yang kita inginkan (masih tersedia atau sudah dipakai orang lain). setelah itu kita masuk registrasi pembelian hosting.

Saya rasa cukup itu saja untuk pengertian hosting dan domainnya, untuk selebihnya ajurna juga masih mempelajarinya sedikit demi sedikit.

semoga bermanfaat…

Please rate this

6 thoughts on “Pengertian Hosting dan Domain

  1. isho

    terimakasih informasinya mas, sangat berguna bagi para pemula seperti saya. salam kenal dan salam sukses

    Reply
  2. Javahostindo Web Hosting Indonesia

    kalo subdomain saya udah coba bikin mas, tapi kalo subdirectory belum pernah, jadi pengen coba bikin euy

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*