Perbedaan Web dengan Blog

By | March 23, 2011

Lagi-lagi web, lagi-lagi blog. sebenarnya apa sih web / website itu, sama gak ya dengan blog ?

banyak yang mengartikan bahwa website itu adalah situs yang memiliki alamat URL pokok. misalnya : www.namadomain.com . dan blog adalah URL yang dihasilkan dari pengembangan domain pokok tersebut. misalnya : iniblog.namadomain.com . apakah sobat-sobat juga berfikir demikian ?

Sebenarnya bukan begitu cara membedakan antara keduanya. kita bisa membedakan web dengan blog berdasarkan ciri-cirinya :

Ciri-ciri blog :

  1. Artikel diurutkan secara kronologis dengan artikel terbaru di depan.Dulu, blog ibarat buku harian. tempat untuk menulis inspirasi di dunia maya. tempat mengungkapkan isi hati dan tempat curhat. maka dari itu blog diurutkan berdasarkan waktu. tapi perkembangan zaman blog juga digunakan untuk berbagi informasi (posting tutorial) dan bahkan sekarang blog juga bisa untuk mencari uang.
  2.  Mudah dalam menambahkan konten baru
    Karena blog dicipta sebagai buku harian online maka fiture yang diutamakan adalah mudah dalam mengelola artikel untuk update setiap saat. Hal ini membuat pengguna internet awam dapat mempublikasikan tulisannya dengan mudah, dan mendorong penyebaran blog.
  3. Konten diupdate secara berkala
    Ini juga salah satu perbedaan yang menonjol. Namanya aja buku harian jadi ya harus diupdate setiap hari dong.hehe. Gak harus setiap hari, tapi yang jelas blog identik dengan update posting tapi kalau web sekali update langsung jalan dan informasinya tidak berubah-ubah.
  4. Blog memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan komentar
    Hal ini memciptakan banyak perbedaan. Jika website biasa hanya menyediakan “komunikasi satu arah”, pengunjung hanya menerima apa yang mereka baca di halaman web tersebut tanpa bisa mengomentarinya, sedangkan blog memberikan “komunikasi dua arah” pada pengunjung. Konten yang di publikasi dapat diberi komentar, dan komentar dapat dibalas dengan pengunjung lain ataupun pemilik blognya.

Dengan mengetahui ciri-ciri blog sebagaimana di atas, jadi apa ciri-ciri website ? kurang lebih sebagai berikut :

  • Artikel tidak diurutkan berdasarkan waktu.
  • Kemudahan menambahkan konten baru tidak diutaman.
  • Konten web jarang di update atau di update hanya dalam waktu-waktu tertentu saja.
  • Menyajikan informasi tapi admin tidak menyajikan berkomentar. biasanya kalau ada pertanyaan langsung chat dengan customer servicenya atau kirim email.

Itulah sekilas tentang perbedaan website dengan blog.

Semoga bermanfaat.

Please rate this

2 thoughts on “Perbedaan Web dengan Blog

  1. Javahostindo Web Hosting Indonesia

    kira2 kalo disimpelkan bedanya antara yang dinamis dan statis begitu ya bos 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*