Sembunyikan Drive C Pada Komputer OS Windows XP

By | March 2, 2011
Rate this post

Komputer sekarang bukanlah barang langka yang hanya bisa dioperasikan orang dewasa saja. anak SD pun sekarang sudah banyak yang bisa mengoperasikan komputer kakaknya. nah, jika mempunyai adik yang suka pinjam laptop atau kamputer sama kakaknya, pastinya ada rasa khawatir laptopnya diotak-atik sampai ke systemnya (drive C), maka untuk menjaganya kamu bisa menyembunyikan drive C agar adik kamu tidak salah buka drive.

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka RUN (start >> RUN) dan ketik gpedit.msc lalu enter.
  2. Pilih User Configuration >> Administrative Templates >> Windows Components >> Windows Explorer. Cari di kolom sebelah kanan tulisan Hide these specified drives in my computer, klik kanan dan pilih properties.
  3. Pilih Enable, dan tentukan drive komputer yang akan kamu sembunyikan. misalnya gambar di bawah ini adalah drive C. setelah itu klik OK.
  4. NB: untuk pilihan diatas bisa kamu sesuaikan dengan pilihan kamu sendiri (pilihannya bukan hanya untuk menyembunyikan drive C saja, tapi D juga bisa atau disembunyikan semua juga bisa.

  5. Sekarang lihat di windows explorer kamu (My Computer) maka drive C kamu sudah tidak nongol lagi.
  6. Untuk mengembalikan (menampilkan drive C) lagi, maka pada langkah ke 3 Pilih Not Configured.

Kalau yang punya (kakak) tidak usah repot kalau mau melihat drive C / melihat drive yang di sembunyikan (hidden) melalui langkah-langkah di atas. karena kamu bisa masuk ke drive dengan cara yang mudah. yaitu ketik C:\ pada address bar windows explorer kamu dan enter. maka kamu sudah masuk di drive C komputer kamu.

Sekian dulu tips ringan untuk menyembunyikan drive C pada komputer kita.

Semoga bermanfaat.

5 thoughts on “Sembunyikan Drive C Pada Komputer OS Windows XP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *