Seni adalah Sebuah Ledakan !

By | September 25, 2011

deidara dan sasoriTadi ketika makan siang, lihat berita telah terjadi Ledakan Bom Bunuh Diri di Gereja Solo. Aku jadi teringat dengan kata-kata Deidara Akatsuki bahwa Seni adalah Sebuah Ledakan !. Bukan Jihat adalah ledakan lo ya….

Seni itu adalah sesuatu yang rapuh, yang menghilang dalam sekejap. atau yang lebih simpel, Seni adalah Sebuah Ledakan !. itu adalah salah satu kata-kata yang selalu diucapkan Deidara (tokoh dari manga terkenal asal jepangNaruto“). Mungkin yang tidak suka manga tersebut tidak pernah mendengar ya. Inilah sedikit tentang Deidara, tokoh yang beranggapan bahwa Seni adalah Sebuah Ledakan !:

Deidara menghubungkan ninjutsunya sebagai seni dan meyakini bahwa setiap bom yang dibuatnya merupakan suatu hasil karya seni. Motonya ialah “Seni adalah sebuah ledakan” yang merupakan ungkapan asli dari seniman abstrak terkenal Jepang Tarō Okamoto. Deidara sangat bangga dengan seninya dan secara langsung dengan segan menerima bahwa apapun tidak dapat menghancurkan seninya, mengakibatkan ia seringkali menjadi terlalu percaya diri dalam pertarungan.

Walaupun begitu masih ada lagi pemahaman tentang seni yang berlawanan dari tokoh manga naruto juga, namanya adalah Sasori.Sasori beranggapan bahwa “Seni itu abadi dan akan selalu dikenang“. dan inilah sedikit tentang Sasori yang beranggapan bahwa seni itu Abadi.

Sasori adalah ninja pengendali boneka. Sasori dapat menggunakan dirinya sendiri dalam pertempuran, dikarenakan tubuhnya telah diubah menjadi boneka. Ini juga memberikan keuntungan baginya untuk tampil muda secara tidak wajar. Sasori telah mengawetkan jantungnya dalam sebuah peralatan berbentuk silinder, yang membolehkannya menggunakan boneka dalam pertarungan. Karena hanya jantungnya yang merupakan bagian yang hidup dari dirinya, tubuh bonekanya pada hakekatnya tidak dapat dihancurkan, sehingga ia dapat kembali ke bentuknya yang semula jika ada bagian hancur.

Bagaimana, setuju yang manakah kamu. apakah beranggapan Seni adalah Sebuah Ledakan, yang menghilang dalam sekejap atau Seni itu abadi dan akan selalu dikenang.

Memang yang namanya berbeda pemahaman, selalu menimbulkan pro dan kontra. tapi walaupun begitu kedua tokoh tersebut tidak pernah bertarung dan saling melukai. tapi mereka hanya saling membuktikan seninya masing-masing dan tetap berpegang teguh dengan pemahamannya.

Dalam kemitraannya dengan Deidara, keduanya sering berdebat, khususnya tentang pertentangan pandangan mereka dalam seni. Deidara beranggapan bahwa seni itu adalah sesuatu yang cepat hilang, sementara Sasori meyakini bahwa seni yang bagus adalah sesuatu yang indah yang bisa bertahan lama sampai ke masa depan. Ini mencerminkan sifat dasar individu mereka (Deidara membuat pahatan tanah liat yang bisa meledak, Sasori membuat boneka-boneka manusia yang bisa bertahan lama).

Ledakan Deidara memang sangat dahsyat dan juga bermacam-macam bentuknya. walaupun bahan baku yang digunakan Deidara untuk peledaknya sama yaitu tanah liat, tapi beda bentuk beda pula daya ledaknya. ada yang mampu meledakkan satu Desa sekalipun. Itulah kenapa Deidara selalu bilang bahwa Seni Adalah Sebuah Ledakan.

Kata-kata Seni Adalah Ledakan sekarang sudah berkembang bukan hanya di anime saja, tapi sudah merambah ke dunia nyata. Entah karena mereka terinspirasi dengan tokoh anime deidara, ataukah karakter anime deidara yang diambil dari kehidupan nyata. Itu terbukti bahwa sekarang sudah banyak terjadi BOM Bunuh diri yang sudah beberapa kali terjadi. mulai dari cara meledakkannya, bentuk dari peledak dan bahkan rakitan bahan peledaknya. semakin hari semakin berkembang. mungkin itulah yang dinamakan seni. karena Seni Adalah Sebuah Ledakan.

Sebenarnya kejadian bom bunuh diri di solo seperti itu bukanlah yang pertama kalinya terjadi di Indonesia. sebelumnya juga sudah pernah terjadi ledakan-ledakan di beberapa tempat. Apa maksud dan tujuannya tidak ada yang tahu karena pelaku selalu tak bernyawa di tempat, jadi tidak bisa dimintai keterangan apakah tujuannya JIHAD (Mungkinkah Jih*d Adalah Sebuah Ledakan juga) atau sama dengan deidara yaitu SENI. Berbeda dengan Deidara (tokoh anime naruto) walaupun membuat ledakan masih bisa diajak bicara empat mata dan jawabannya adalah Seni adalah Sebuah Ledakan !.

.

Please rate this

21 thoughts on “Seni adalah Sebuah Ledakan !

  1. Alid Abdul

    walah dalah, malah disangkut pautkan dengan deidara -_- memang seni akan diingat, tp klo jeleknya yg diingat gimana?

    Reply
  2. Darin

    Keren juga menghubungkannya dengan anime πŸ˜€

    Btw, bila memang ledakan bom bunuh diri adalah sebuah seni, berarti bisa diartikan bahwa itu adalah seni yang surealis, absurd dan tak sesuai dengan kenyataan/harapan.

    Reply
  3. Jamal Rahmat

    Seni itu adalah ledakan yang abadi. Tidak seperti ledakan bom yang akan hilang setelah meledak

    Reply
  4. zodiak

    Saya tidak setuju bos , seni itu adalah ledakan he..he.. , saya lebih setuju ledakan dikatakan sebuah musibah apalagi ledakan BOM.

    Reply
    1. ajurNA Post author

      sama gan, ane juga g setuju kalau seni adalah sebuah ledakan. ane juga lebih setuju kalau seni adalah sesuatu yang abadi dan slalu dikenang.

      thanks sudah mampir

      Reply
  5. Armin

    kalo bagi saya sih SENI itu mahakarya Abadi, krn gimana pun konsep seni abadi itu di ciptakan dari bener2 hasil buah pikiran dan kreasi kita. BOM nya itu ya karena ledakan awal yang dikarenakan publish nya, untuk selanjutnya khan tetep aja hal itu bertahan. wah, banyak dapet nih dari posting ini tentang pandangan seni dari seniman besar jepang πŸ™‚

    Reply
  6. nsa

    i think :
    seni bukan sebuah ledakan karena seni bukan sesuatu yang menghancurkan.
    mungkin yang dimaksud animenya seni membuat bom, hehehe

    Reply
    1. ajurNA Post author

      mungkin gitu gan yang dimaksud di animenya, seni membuat bomnya yang bermacam-macam bentuk dan kekuatan ledaknya.

      Reply
  7. FAIZD katsu

    KLO menuru saya seni nthuh keindahan yag abadi ,yg bisa melewati masa kemasa dan tdak ada yg bisa menghentakan nya hingga hari akhir ,walaupun snimannya sudah dah meninggal lagi….

    Reply
  8. tyo

    menurut saya maksud dari “seni sebuah ledakan” itu adalah ketika seorang seniman “mendapatkan ide tentang seni yg akan di buat” nya seperti “bunga yang mekar seketika” …… karna ide” seni itu tidak bisa dirumus kan seperti rumus fisika
    seni itu adalah sebuah ide yang mendadak muncul di pikiran kita…. πŸ™‚ itu lah “seni adalah sebuah ledakan”

    Reply
  9. tyo

    sory ada yang kurang nh hehe
    saya jg setuju klo seni itu sesuatu yang abadi
    karna “seni itu gak ada mati nya” walaupun pencipta seni itu sudah tiada πŸ™‚

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*