Seni adalah Sebuah Ledakan !

By | September 25, 2011
Rate this post

deidara dan sasoriTadi ketika makan siang, lihat berita telah terjadi Ledakan Bom Bunuh Diri di Gereja Solo. Aku jadi teringat dengan kata-kata Deidara Akatsuki bahwa Seni adalah Sebuah Ledakan !. Bukan Jihat adalah ledakan lo ya….

Seni itu adalah sesuatu yang rapuh, yang menghilang dalam sekejap. atau yang lebih simpel, Seni adalah Sebuah Ledakan !. itu adalah salah satu kata-kata yang selalu diucapkan Deidara (tokoh dari manga terkenal asal jepangNaruto“). Mungkin yang tidak suka manga tersebut tidak pernah mendengar ya. Inilah sedikit tentang Deidara, tokoh yang beranggapan bahwa Seni adalah Sebuah Ledakan !:

Deidara menghubungkan ninjutsunya sebagai seni dan meyakini bahwa setiap bom yang dibuatnya merupakan suatu hasil karya seni. Motonya ialah “Seni adalah sebuah ledakan” yang merupakan ungkapan asli dari seniman abstrak terkenal Jepang TarĊ Okamoto. Deidara sangat bangga dengan seninya dan secara langsung dengan segan menerima bahwa apapun tidak dapat menghancurkan seninya, mengakibatkan ia seringkali menjadi terlalu percaya diri dalam pertarungan.

Walaupun begitu masih ada lagi pemahaman tentang seni yang berlawanan dari tokoh manga naruto juga, namanya adalah Sasori.Sasori beranggapan bahwa “Seni itu abadi dan akan selalu dikenang“. dan inilah sedikit tentang Sasori yang beranggapan bahwa seni itu Abadi.

Sasori adalah ninja pengendali boneka. Sasori dapat menggunakan dirinya sendiri dalam pertempuran, dikarenakan tubuhnya telah diubah menjadi boneka. Ini juga memberikan keuntungan baginya untuk tampil muda secara tidak wajar. Sasori telah mengawetkan jantungnya dalam sebuah peralatan berbentuk silinder, yang membolehkannya menggunakan boneka dalam pertarungan. Karena hanya jantungnya yang merupakan bagian yang hidup dari dirinya, tubuh bonekanya pada hakekatnya tidak dapat dihancurkan, sehingga ia dapat kembali ke bentuknya yang semula jika ada bagian hancur.

Bagaimana, setuju yang manakah kamu. apakah beranggapan Seni adalah Sebuah Ledakan, yang menghilang dalam sekejap atau Seni itu abadi dan akan selalu dikenang.

Memang yang namanya berbeda pemahaman, selalu menimbulkan pro dan kontra. tapi walaupun begitu kedua tokoh tersebut tidak pernah bertarung dan saling melukai. tapi mereka hanya saling membuktikan seninya masing-masing dan tetap berpegang teguh dengan pemahamannya.

Dalam kemitraannya dengan Deidara, keduanya sering berdebat, khususnya tentang pertentangan pandangan mereka dalam seni. Deidara beranggapan bahwa seni itu adalah sesuatu yang cepat hilang, sementara Sasori meyakini bahwa seni yang bagus adalah sesuatu yang indah yang bisa bertahan lama sampai ke masa depan. Ini mencerminkan sifat dasar individu mereka (Deidara membuat pahatan tanah liat yang bisa meledak, Sasori membuat boneka-boneka manusia yang bisa bertahan lama).

Ledakan Deidara memang sangat dahsyat dan juga bermacam-macam bentuknya. walaupun bahan baku yang digunakan Deidara untuk peledaknya sama yaitu tanah liat, tapi beda bentuk beda pula daya ledaknya. ada yang mampu meledakkan satu Desa sekalipun. Itulah kenapa Deidara selalu bilang bahwa Seni Adalah Sebuah Ledakan.

Kata-kata Seni Adalah Ledakan sekarang sudah berkembang bukan hanya di anime saja, tapi sudah merambah ke dunia nyata. Entah karena mereka terinspirasi dengan tokoh anime deidara, ataukah karakter anime deidara yang diambil dari kehidupan nyata. Itu terbukti bahwa sekarang sudah banyak terjadi BOM Bunuh diri yang sudah beberapa kali terjadi. mulai dari cara meledakkannya, bentuk dari peledak dan bahkan rakitan bahan peledaknya. semakin hari semakin berkembang. mungkin itulah yang dinamakan seni. karena Seni Adalah Sebuah Ledakan.

Sebenarnya kejadian bom bunuh diri di solo seperti itu bukanlah yang pertama kalinya terjadi di Indonesia. sebelumnya juga sudah pernah terjadi ledakan-ledakan di beberapa tempat. Apa maksud dan tujuannya tidak ada yang tahu karena pelaku selalu tak bernyawa di tempat, jadi tidak bisa dimintai keterangan apakah tujuannya JIHAD (Mungkinkah Jih*d Adalah Sebuah Ledakan juga) atau sama dengan deidara yaitu SENI. Berbeda dengan Deidara (tokoh anime naruto) walaupun membuat ledakan masih bisa diajak bicara empat mata dan jawabannya adalah Seni adalah Sebuah Ledakan !.

.