Struktur Data : Hitung IPK Urutkan Secara Descending

By | January 24, 2013
Rate this post

Syukur alhamdulillah sudah sampai semester 3 dalam tahap UAS. Meskipun dijalani dengan malas karena banyak tugas maupun dengan rasa senang karena materi yang menantang rasa ingin tau, salah satunya materi Struktur data yang membahas teori yang terbelit-belit dan membuat kepala sedikit nyut-nyutan. Nampun ketika diberi tugas disuruh membuat program, itu jauh lebih menyenangkan daripada menjelaskan system jalannya script satu persatu di papan tulis.

Langsung saja, ini mau share sekaligus buat catatan tugas saya,  kemarin ada 3 soal (3 progran) dan sebenarnya sudah selesai semua, namun kali ini mau saya share dulu satu nomor saja. untuk nomor dua dan tiga lain waktu saja.

Program nomor satu ini memakai sistem pengurutan (bubble sort) secara Descending, jika ada IPK yang sama, maka urutkan namanya berdasarkan Descending. Kalau program nomor memakai queue (antrian dengan metode FIFO first in first out), dan nomor tiga memakai linked list.

berikut tampilan programnya :

Untuk scriptnya silahkan lihat disini.
Untuk programnya silahkan lihat disini.

Tugas diatas menggunakan bahasa pemrograman pascal. Mata kuliah struktur data, dengan materi bubble sort, meskipun bahasa pemrograman pascal tapi program diatas menggunakan lazarus. kalau ingin menggunakan lazarus bisa download masternya di postingan sebelumnya Download program lazarus untuk pascal

Semoga bermanfaat.

.