Terkena Serangan Spam Comments

By | February 15, 2012
Rate this post

Memang belum lama sih ajurna mengenal CMS WordPress dan menggunakannya, jadi belum tahu bagaimana memaksimalkannya dengan plugin-plugin yang sudah ada, baik dari segi SEO maupun dari segi security. karena dulu menggunakan blogspot sekitar 2 tahun tidak terjadi hal yang fatal, jadi anggapan tersebut kebawa hingga sekarang.

Ketika memakai Blogspot, tidak pernah memikirkan keamanan deface dan juga spam comments karena security blogspot sudah ada dari pihak google sendiri. Tapi lain halnya dengan wordpress self hosted, untuk keamanan masalah spam, deface, suspend, dan lain-lain kita sendiri yang menjaga.

Ajurna sendiri semenjak memakai wordoress ini sudah sekali terkena deface dan dan hari ini terkena spam comments, padahal baru beberapa bulan. untung keduanya terjadi pas ajurna lagi online jadi bisa langsung ketahuan dan bisa diperbaiki. Hari ini ada comments spam masuk baru satu jam sudah 47 comments dengan satu alamat IP tapi beda-beda URL website. dan websitenya adalah website lokal semua.

Baru satu jam sudah 47 comments, untung cepat ketahuan

Cukup itu saja curhatnya, semoga blog personal ajurna yang jarang update ini tidak dianiaya lagi oleh spammer dan defacer. dan kalau memang niatnya untuk mempromosikan blog semoga blognya laku, tapi maaf kalau promosi anda disini (comments spam) saya hapus karena ini bukan blog bisnis tapi hanyalah blog curhat dan belajar.

Dan dengan begini semoga admin blog ajurna.net cepat sadar bahwa wordpress self hosted butuh security dari adminnya.

7 thoughts on “Terkena Serangan Spam Comments

  1. dotinfo

    pertamaaakk,, wakaka,, 47 coment belom terlalu banyak , ckikiki,, emang membahayakan yaah spam di koment tuuh?

    Reply
  2. Randeezt

    Baru kemarin saya dapet serangan juga, 1 postingan dengan lebih dari 50 komentar dengan inti yang sama…

    Komentarnya hampir sama dengan gambar diatas.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *