Kamu Follow Aku Follow Balik !

By | July 5, 2011
Rate this post

Kamu Follow Aku Follow Balik, kata-kata inilah yang sering aku temui di forum sebelah. mungkin karena ada kontes memperbanyak follower atau memang forum tersebut untuk berkumpul para blogger profesional yang sudah berpengalaman. ketika aku masuk forum tersebut pun aku juga bingung karena isinya minta saling follow, minta saling tukar link, minta saling like fanpage, minta saling komentar, minta saling review alexa dan minta salink klik (maksudnya klik apa aku kurang tahu soalnya aku masih newbie).

Kalau aku sih tidak masalah diajak saling itu semua. kalau memang kamu ngeblog butuhnya banyak follower, banyak tukar link, banyak komentar, ya gak apa apa, itu pilihan kamu. tapi apakah cukup follow dan follow back? apakah cukup tukar link dan artikel kamu tidak dibaca? apakah orang yang datang ke blog kamu hanya memfollow > tukar link > komentar > klik suka (fans page facebook) tanpa membaca artikel blog kamu dan cukup sekali itu?

Kalau aku sih kepinginnya gak gitu. mau kamu follow blog aku silahkan, mau kamu add link blog aku silahkan, mau berkomentar di blog aku juga silahkan mumpung gratis kok. tapi itu semua aku tidak minta apalagi memaksa. aku hanya ingin munulis artikel di blog kemudian blogwalking.

Kata Bapak master SEO blogwalking itu sebagian dari mempromosikan blog kita, cukup membaca-baca artikel yang kita temui dan bagaimana tanggapan kita maka kita utarakan dengan berkomentar, dikolom komentar kita disuruh memasukkan alamat blog kita jadi otomatis sudah mempromosikan blog kita. kalau menulis komentar yang panjang (tapi tetap menanggapi artikel yang kita komentari) supaya adminnya penasaran dan berkunjung ke blog kita. kalau dengan sekali kunjungan tidak ada reaksi (kunjungan balik), jangan merasa malu untuk datang dan berkomentar di posting selanjutnya sampai sepuluh kali berkomentar di posting yang berbeda, saya yakin blog kamu akan dikunjungi adminnya dan lebih akrab sebab kamu selalu hadir disetiap posting yang dia buat.

Dengan begitu admin akan menambahkan blog kamu sebagai daftar blogwalkingnya dan tanpa diminta follow me, tukar link donk, comment balik ya, maka kamu akan mendapatkan itu semua.

Jadi menurut kamu mana yang lebih baik.

  1. Apakah banyak tukar link, follower bejibun fanpage beribu-ribu, komentar penuh (tapi nyepam semua) dan artikel jarang terbaca.
  2. Tukar link, follower, komentar, fanpage pas-pasan tapi selalu teman kita berkunjung dengan membaca artikel kita dan menanggapinya dengan cara berkomentar, tentu komentarnya bukan pertamax dan nais inpo.

Jadi apa yang kita minta itulah yang kita dapatkan. Mari kita budidayakan Memberi maka kita akan diberi. jangan Meminta lalu kita menjanjikan imbalan.
.