Pinterest, Social Network Baru yang Mengasikkan

By | March 17, 2012
Rate this post

Pinterest Social Network Baru yang Mengasikkan. Sedikit Flashback, setelah kesuksesan Facebook Menggeser Kedudukan Friendster di mata dunia sebagai Jejaring Social, beberapa waktu lalu Google Plus hadir dengan segala fiturnya yang katanya akan menyaingi Facebook, tapi ajurna sendiri masih kurang suka membuka Jejaring social tersebut (Google Plus) karena loadnya berat, apalagi internetnya pas-pasan maka bisa g kebuka kalau login ke GPlus.

Pinterest Social Network

Dan kini hadir Social Network Pinterest, Jejaring Sosial ini dibuat Desember 2009 dan mulai terkenal dan banyak diminati di awal tahun 2012. Pada bulan Januari 2012, comScore melaporkan situs tersebut memiliki 11,7 juta pengguna unik, sehingga tercatat situs tercepat dalam sejarah untuk menembus 10 juta pengunjung unik. Sebagian besar pengguna situs adalah perempuan, yaitu 97% adalah perempuan dan berasal daru US. Jadi ini juga cocok untuk blogger yang ingin mencari trafik dari US dengan pangsa pasar perempuan.

Secara sederhana Pinterest mengumpulkan foto serta tautan berbagai produk untuk dibagikan. Seperti di jejaring sosial lainnya, fitur berbagi menjadi perhatian utama. Pinterest juga mengenal Retweet ala Twitter (Repin) dan Like ala Facebook. Dan juga terdapat kotak komentar yang dapat digunakan untuk menanggapi status yang dituliskan atau Gambar yang diupload.

Apa kelebihan Pinterest Social Network ini? Tergantung individu yang menggunakannya. Jika Anda adalah penggemar fotografi maka di Pinteres sangat cocok dengan hobi tersebut dan semakin tersalurkan, karena disana terdapat banyak foto dan video yang dibagikan oleh pengguna Pinterest. Untuk Blogger juga bisa memanfaatkan untuk mempromosikan blognya dengan cara share link blog kamu (Pin URL Blog). dan juga bisa membuat Channel/Category Pin kamu (yang disebut Board), dengan begitu akan lebih mudah membedakan ini Pin tentang Pendidikan, Cuap-Cuap, Galau, dan sebagainya.

Jadi secara garis besar fiture pada Pinterest adalah :

Pin : Upload Foto atau Gambar, disini kamu bisa menyertakan URL/link gambar tersebut. hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk blogger yang ingin share gambar dan diarahkan link ke blognya.
Repin : Setelah diPin, tentunya bisa di like dan dicomment teman2 kita. selain itu bisa di Repin dari pengguna satu ke pengguna lain. itulah bagaimana content kita menyebar secara viral.
Board : Pengkategorian Pin kamu, jadi kamu bisa membuat beberapa kamar untuk menempatkan Pin kamu secara beraturan sesuai topik yang sejalan.

Untuk bergabung dengan Pinterest Social Network, saat ini masih menggunakan sistem invite atau undangan. Di laman utama situs tersebut Anda harus memasukkan alamat email yang kemudian akan dikonfirmasi undangan dari Pinterest. Minta invit diri sendiri bisa, tinggal klik invite di halaman utama Pinters, maka akan ada link undangan dikirim ke Email kamu. Itu bukanlah undangan untuk langsung bergabung, tapi undangan untuk memfollow twitter Pinterest dulu dan 2-3 hari kemudian Email Undangan untuk bergabung di Pinterest akan masuk ke Email Kamu. Kalau menunggu 2-3 hari kelamaan, kamu bisa minta invite teman kamu yang sudah bergabung di Pinterest. Jadi bagi teman-teman yang ingin mencoba untuk untuk bergabung di Pinterest bisa saya Invite kalau mau.

Kalau mau gabung silahkan ke Pinterest.Com atau kalau butuh invite silahkan tinggalkan email kamu, akan saya invite untuk segera.