Orange PI Plus 2e Untuk Web Server, Hemat Listrik

By | January 24, 2017

Orange PI adalah single board computer atau yang diproduksi oleh Shenzhen Xunlong. Sebagaimana dengan Raspberry PI, single board ini dibuat awalnya untuk kebutuhan microcontroller, tapi karena perangkat ini memiliki spesifikasi yang sama dengan sebuah PC dan bisa diinstal operasi sistem layaknya komputer, banyak yang memanfaatkan selain untuk controller. Banyak project yang dibuat dari Raspberry PI seperti untuk relay on off, robotika, webserver, untuk desktop, game retro, media player (KODI) atau media penyimpanan (NAS), dan masih banyak lagi.

Untuk langkah awal, Saya kepikiran menggunakannya untuk webserver di kantor dan NAS untuk sebuah warnet, namun di sini Saya bukan menggunakan Raspberry PI, Saya memilih Orange PI karena harganya lebih terjangkau.

Berikut beberapa gambar webserver dari Orange PI Plus 2e

Webserver Orange PI

Webserver Orange PI

Spesifikasinya Hardware :
CPU : H3 Quad-core Cortex-A7 H.265/HEVC 4K 1.6GHz
RAM : 2 GB
Ethernet : 10/100/1000 M Ethernet RJ45
Storage : 16 GB EMMC Flash

Orange Pi Plus 2e from Putty

Orange Pi Plus 2e from Putty

Spesifikasi OS :
OS : Armbian (Debian 8)
Storage : Installed on eMMC 16 GB

Orange PI Webserver Running

Orange PI Webserver Running

Sudah running, tinggal pindahan server. Orange PI Webserver ini hanya untuk lokal (sebagai pengganti webserver yang awalnya PC dengan OS windows dan menggunakan XAMPP), jadi tidak memerlukan control panel layaknya hosting dengan cpanel. Cukup paket minimalis seperti VPS yang hanya terinstal Apache, PHP, MySQL dan phpMyAdmin. Mungkin kalau untuk vps ada tambahan bin9 untuk kebutuhan DNS.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*