Raspberry Pi, Microcontroller Sekaligus Alternatif Mini PC

By | January 21, 2017
Raspberry Pi, Microcontroller Sekaligus Alternatif Mini PC
5 (100%) 1 vote

Raspberry Pi atau yang sering disebut Raspi adalah single board computer yg juga mempunyai input output digital port seperti pada board microcontroller. Diantara kelebihan Rasberry Pi dibanding board microcontroller yg lain yaitu mempunyai Port/koneksi untuk display berupa TV atau Monitor PC serta koneksi USB untuk Keyboard serta Mouse. Raspberry Pi dibuat di inggris oleh Raspberry Pi Foundation Pada awalnya Raspberry Pi ditunjukan untuk modul pembelajaran ilmu komputer disekolah.

raspberry-pi

Raspberry PI Single Board

Awalnya raspberry PI digunakan untuk microcontroller dan robotika seperti Arduino. Namun ada juga yang manfaatkan layaknya sebagai PC, yaitu bukan untuk kebutuhan controller. Seiring perkembangannya jaman, Single board seperti raspberry pi banyak diproduksi dengan nama produk yang berbeda-beda. seperti Orange PI, Banana PI, Lemon PI, Odroid, UDOO, NanoPC dan masih banyak lagi. Raspberry PI dibangun dengan processor ARM, yaitu processor yang sama dengan yang kebanyakan digunakan Smartphone Android, hal ini berpengaruh dengan OS yang bisa masuk.

Processor ARM untuk sistem operasinya juga harus ARM, tidak bisa dimasuki Operation sistem seperti windows. Namun begitu ada juga yang membuat single board seperti Raspberry PI dengan processor intel dan dapat menggunakan OS windows, yaitu Latte Panda tapi harganya lebih mahal dengan processor ARM.

lattepanda-windows10

LattePanda windows 10 and GPIO port Ready

Nama PI pada Raspberry PI adalah singkatan dari Python, yaitu bahasa pembrograman python untuk menggunakan port GPIO pada raspberry PI. Orange PI dan Banana PI juga dilengkapi port GPIO jadi bisa digunakan untuk microcontroller, begitu juga lattepanda single board embeded port GPIO dengan OS windows.

Mini computer kini menjadi solusi untuk pemborosan daya dan space jika dibandingkan PC pada umumnya, karena ukurannya yang kecil. Namun untuk performa tidak bisa disamakan dengan perangkat yang besar-besar lo ya. Jadi mau menggunakan PC atau Raspberry PI untuk komputer mini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saya sendiri menggunakan Orange PI untuk webserver.

Orange-PI

Orange PI (alternatif Raspberry PI and alternatif Mini PC)

Jika Kamu tidak mau ribet dengan Operation sistem linux, kamu bisa menggunakan latte panda single board, tapi kalau mau lebih praktis kini ada produk dari foxconn yaitu Ultra Nano PC DS-693F yang ukurannya hanya 12,5 x 12,5 cm dengan tinggi 3 cm. Harganya sekitar RP 1.990.000, lumayan mahal kalau dibandingkan dengan Orange PI yang hanya $15.